in ,

Bantu UKM, Santara Targetkan Salurkan Dana Rp 3 Triliun

Bantu UKM, Santara Targetkan Salurkan Dana Rp 3 Triliun
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Santara Daya Inspiratama (Santara), perusahaan financial technology (fintech) urun dana atau equity crowdfunding meluncurkan 72 Usaha Kecil Menengah (UKM) ke secondary market atau pasar sekunder Santara. Melalui pasar sekunder ini, investor bisa melakukan transaksi ekuitas dengan lebih mudah. Pada akhir 2022, Santara menargetkan akan menyalurkan pendanaan kepada 1000 UKM senilai Rp 3 triliun rupiah dan 15 triliun pada 2023 mendatang.

CEO Santara R. Andi Kartiko Utomo mengungkapkan pasar sekunder adalah tempat jual beli saham para penerbit layaknya IDX  Sebagai strategi atau exit plan bagi investor dalam pengelolaan portofolio keuangan pembiayaan urun dana. Melalui pasar Sekunder Santara ini ada dua manfaat yang didapat langsung, yakni dividen dan capital gain atau kenaikan saham perusahaan.

Baca Juga  Tips Kerja Produktif Walau Sedang Isoman

“Kehadiran Santara dengan aplikasi urun dana tekah menjadi solusi terdepan dalam penyaluran pendanaan bagi UKM yang saat ini tengah bertahan di masa pandemi agar bisa bertumbuh dengan baik,” kata Andi kepada Pajak.com di Jakarta, Jumat (5/11/21).

Mekanisme jual beli saham UKM ini pun tak jauh berbeda dengan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, yakni harga jual saham terbentuk sesuai penawaran dan permintaan (supply and demand). Investor dapat membeli saham ketika ada investor lain yang menjual sahamnya. Sebaliknya, investor dapat menjual sahamnya ketika ada investor yang ingin membeli. Kondisi tersebut yang mempengaruhi naik-turun harga saham. Ketika permintaan tinggi sementara saham yang dijual oleh investor sedikit maka harga saham akan naik.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0