in ,

Bantu UKM, Santara Targetkan Salurkan Dana Rp 3 Triliun

Andi memastikan, tidak sembarang UKM bisa memperdagangkan sahamnya di Santara. Setidaknya mereka harus memenuhi kriteria yang menunjukkan bahwa bisnisnya sanggup berkembang. Sebanyak 72 UKM yang masuk pasar sekunder Santara sudah disaring melalui beberapa kriteria, di antaranya adalah memiliki kredibilitas dan portofolio dan prospek bisnis yang bagus, dan sudah beroperasi selama satu tahun. UKM yang listing di Santara pun bervariasi, ada bisnis kuliner, fesyen, dan lain sebagainya.

Sementara itu, salah satu pendiri Santara Mardigu Wowiek Prasantyo menyampaikan, keberadaan Santara ini juga akan membantu pemerintah dalam mengadministrasikan perpajakan para pelaku UKM. Apalagi, selama ini UKM masih banyak yang bergerak sebagai under ground economy atau sektor informal.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

“Ekonomi yang bagus itu ekonomi demokrasi yang transparan. Melalui Santara, nantinya juga kami ingin membantu pemerintah dalam hal mengadministrasikan perpajakan. Jadi subjek dan objek pajaknya akan teradministrasi lebih baik sehingga akan lebih transparan,” kata Mardigu.

Mardigu mengatakan, meski sering dipandang kecil, UKM selama ini telah terbukti menjadi sektor yang tahan resesi dan mampu menyerap 97 persen tenaga kerja. Menurutnya, mengangkat UKM adalah cara cepat membuat ketahanan ekonomi nasional.

Ditulis oleh

Baca Juga  8 Poin Penting dalam Proses Pengajuan Izin Usaha

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *