in ,

Transaksi dan Investasi Digital untuk Milenial Zaman Now

Transaksi dan Investasi Digital untuk Milenial Zaman Now
FOTO: IST

Transaksi dan Investasi digital untuk milenial zaman now sangat menarik dibahas. Penggunaan layanan digital ini terumta dikonsumsi oleh para milenial. Di zaman now, kemudahan penggunaan dan kecepatan proses menjadi hal utama yang menarik bagi para milenial. Jika ingin melihat bagaimana para milenial mampu beradaptasi dan memanfaatkan layanan transaksi dan investasi digital ini, mari lihat bahasannya lebih dalam pada artikel berikut ini!

Milenial Lebih Aktif Investasi dan Konsumsi Dibanding Generasi Sebelumnya

Jika Anda melihat trend penggunaan fintech, umumnya yang aktif menjadi konsumen adalah para milenial. Generasi yang satu ini akrab dengan dunia digital dan berhasil adaptasi dengan cepat. Mereka mampu gunakan jaringan internet dengan lebih mahir untuk belajar, bermain, bekerja dan menghasilkan uang.

Generasi ini tidak lagi hanya handalkan bank sebagai jalur kembangkan aset. Bunga dari deposito memang menarik, tapi besarannya masih kalah dengan investasi bentuk reksa dana. Para generasi muda sekarang tahu bahwa mengembangkan aset secara aktif lewat investasi jauh lebih menghasilkan. Jadi tidak jarang Anda temukan kaum mudah memiliki aset bank sebagian dan sisanya menjadi portofolio investasi.

Berkat informasi dari internet, terjun ke dunia investasi tidak seburuk dulu. Di era sebelum internet digunakan umum, kebanyakan orang tidak dapat akses ke informasi terkini soal perkembangan saham. Sekarang info perusahaan terbuka dan banyak ahli investasi memberikan arahan bagi para pemula. Selama selektif memilih saham dan memperhitungkan resiko, semua orang bisa terjun ke dunia investasi lebih mudah saat ini.

Setelah hasilkan uang dari investasi, para milenial juga mampu mengelola uang mereka tidak hanya di bank saja. Banyak aplikasi digital wallet digunakan untuk memastikan akses belanja online lebih mudah. Belanja dengan jalur internet memastikan barang apapun lebih mudah diakses. Transaksi digital ini jauh lebih mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi digital dibandingkan kartu kredit. Dari benefit ini, popularitas aplikasi transaksi lebih berkembang di Indonesia terutama di kaum milenial.

Baca Juga  Eksistensi Investasi Reksa Dana Online Berbasis Platform Digital

Berbagai Faktor Penyebab Milenial Lebih Suka Jalur Digital

Peningkatan peran milenial dana hal investasi dan transaksi digital didukung juga dari banyak faktor. Mari bahas bersama faktor–faktor tersebut pada bagian ini:

Peningkatan Teknologi

Faktor pendukung yang paling jelas adalah teknologi. Penggunaan aplikasi smartphone menjadi makin umum karena teknologi membuat produksinya makin mudah. Karena perkembangan teknologi ini, tidak aneh jika para milenial memanfaatkannya untuk berbagai hal, termasuk investasi dan transaksi.

Perubahan Gaya Hidup

Gaya hidup modern dengan teknologi internet menjadi makin praktis dan cepat. Segala hal bisa didapatkan secara instan selama tahu caranya. Mulai dari mendapatkan hiburan, beli barang ataupun sewa jasa, semua bisa beres hanya dengan beberapa klik di website yang dituju. Untuk menyelesaikan transaksi, tentu saja aplikasi bayar digital lebih banyak digunakan karena lebih praktis.

Pengaruh Budaya Globalisasi

Budaya belanja, transaksi dan investasi digital tidak berkembang bersamaan secara merata di dunia. Awal mulanya, hal ini populer di negara maju lalu merambah ke banyak negara lain di sekitarnya. Gaya hidup praktis dan digital lebih banyak ditemukan di negara seperti Amerika, Jepang, Korea dan Eropa. Budaya hidup modern ini membentuk inspirasi bagi negara berkembang dan akhirnya ciptakan pengaruh perubahan gaya hidup. Milenial yang terpengaruh budaya ini, tentu lebih mudah beradaptasi dan memanfaatkan teknologi digital agar hidup lebih efisien.

Persebaran Informasi yang Lebih Cepat

Budaya globalisasi dan teknologi yang diadopsi di Indonesia tidak akan terjadi tanpa kecepatan informasi. Berkat informasi yang cepat, semua orang bisa belajar menggunakan investasi digital dan transaksi lewat internet. Jika tahu cara melakukannya, tentu saja perkembangan budaya digital ini lebih mudah diserap para milenial.

Baca Juga  DPR Setujui Pembentukan Kementerian Investasi

Generasi Milenial Lebih Selektif Memilih Platform Transaksi dan Investasi

Walaupun lebih menyukai investasi dan transaksi digital, hal ini tidak membuat para milenial asal pilih. Generasi milenial mahir menggunakan internet untuk memastikan pilihan mereka adalah yang paling pas. Hal ini menyebabkan hanya beberapa platform saja yang mendapatkan kepercayaan untuk jadi populer.

Banyak layanan fintech transaksi dan investasi muncul di Indonesia beberapa tahun terakhir. Tapi hanya beberapa saja yang menjadi mainstream. Kebanyakan platform hanya booming pada awal meluncur ke pasaran tapi saat sudah berumur beberapa bulan, namanya bisa jarang di dengar. Platform dengan buzz kecil ini sering mati setelah beberapa tahun. Kompetisi berat ini dihasilkan karena target konsumen milenial lebih selektif.

Berbagai Hal yang Dicari Milenial Pada Layanan Transaksi dan Investasi

Untuk sukses menjadi platform investasi dan transaksi bagi para milenial, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Berikut adalah hal penting yang diutamakan generasi milenial saat mencari platform yang pas bagi mereka:

Platform Populer dan Banyak Diakui

Milenial hanya akan memilih aplikasi yang populer dan sudah banyak diakui. Contoh saja layanan GoPay makin populer hanya karena GoJek sudah terkenal. Selain itu banyak marketplace menerima pembayaran dari GoPay. Karena banyak diakui, para milenial senang menggunakannya.

Kemudahan Penggunaan

Layanan investasi dan pembayaran digital harus mudah digunakan jika ingin populer di golongan milenial. Jika aplikasi penuh dengan menu dan jargon tertentu, lambat loading dan mudah error, tidak akan banyak yang tertarik pakai walaupun platform tawarkan banyak bonus. Jika tidak mudah dipakai, efisiensi-nya rendah dan tentunya tidak akan menjadi populer di mata milenial.

Selalu Mendapatkan Fitur Baru

Layanan yang berkembang terus dan mampu memberikan solusi lebih baik untuk investasi dan transaksi jauh lebih populer. Contoh saja layanan seperti aplikasi perbankan. Dulunya aplikasi hanya terbatas untuk cek saldo dan menyelesaikan transfer. Tapi sekarang, Anda bisa bayar berbagai hal hanya dengan sekali klik di bagian pembayaran. Fitur tambahan inilah yang membuat para milenial suka pakai aplikasi bank modern.

Baca Juga  Gobel: Waspadai Perdagangan Forex Nakal di Daerah

Bisa Digunakan Di Banyak Gadget

Syarat terakhir adalah kemudahan penggunaan dari segi platform. Jika aplikasi bisa digunakan di smartphone spek rendah, komputer dan tablet, aplikasi akan lebih populer. Makin banyak platform gadget bisa akses, makin banyak orang mudah menggunakan layanan digital tersebut.

Kesimpulan:

Dari bahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa para milenial memang lebih suka transaksi dan investasi digital. Trend anak muda yang masuk dunia investasi sudah banyak. Generasi ini mengetahui bahwa untuk mengelola keuangan personal, melakukan saving dan investasi adalah dua hal yang harus diseimbangkan.

Karena fokus ini, para milenial mencari akses investasi dan cara trading lebih mudah. Bank dan platform investasi akhirnya mengarah memenuhi kebutuhan ini. Anda sekarang bisa bayar tagihan, transfer uang dan belanja langsung hanya pakai aplikasi Bank. Sedangkan untuk investasi saham ataupun kripto, layanan aplikasinya sudah ada tanpa harus menggunakan program khusus ataupun jasa broker manual.

Karena perkembangan teknologi dan gaya hidup, kebutuhan transaksi dan investasi digital menjadi lebih populer. Kedepannya, hal ini akan berkembang lagi menjadi bentuk baru. Milenial umumnya bisa beradaptasi dengan hal baru ini dengan mudah. Jadi kedepannya, perubahan investasi dan transaksi akan menjadi lebih umum di generasi milenial dan selanjutnya.

Sekian bahasan tentang bagaimana transaksi dan Investasi digital untuk milenial zaman now digunakan dan pengaruhi generasi ini. Mudah–mudahan bahasan ini berguna dan menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

12 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *