in ,

Pentingnya Sosialisasi Tentang Ekonomi Digital Untuk Anak Muda

Pentingnya Sosialisasi Tentang Ekonomi Digital Untuk Anak Muda
FOTO: IST

Transaksi dan investasi digital sekarang mulai ramai  digemari oleh masyarakat luas, terutama dikalangan para pemuda. Para pemuda yang baru mengenal hal yang bernama investasi dilatar belakangi oleh keinginan akan transaksi dan investasi digital yang cukup mudah dan praktis dengan hanya bermodalkan ponsel genggam saja.

Transaksi digital merupakan sebuah transaksi modern yang sudah tidak menggunakan uang tunai, tetapi menggunakan uang elektronik sebagai alat transaksi utamanya. Transaksi ini dapat dilakukan hanya dengan melakukan transfer atau bahkan hanya dengan scan barcode pembayaran.

Tidak jauh berbeda dengan transaksi digital, investasi digital adalah sebuah aktivitas menyimpan modal, baik berupa aset atau uang tunai dengan harapan mendapatkan keuntungan jangka panjang atau dana cadangan saat tua secara online hanya lewat ponsel genggam saja.

Namun banyak permasalahan yang timbul dari transaksi dan investasi digital seperti cyber security yang kurang maksimal, sehingga dapat menimbulkan kerugian yang cukup signifikan. Selain itu kurangnya pemahaman akan hal tersebut dari para anak muda menjadi permasalahan yang harus diperhatikan juga, banyak yang masih takut untuk memulai, dan banyak juga yang masih ragu untuk terjun di dunia ekonomi digital.

Baca Juga  Menkominfo: Inovasi untuk Gerakkan Ekonomi Nasional

Cyber security adalah sebuah upaya pengamanan untuk melindungi sistem dari segala serangan jahat dari pihak yang bertanggung jawab, seperti penyebaran data-data pribadi dan pengerusakan sistem yang fatal. Di dunia ekonomi digital sendiri, salah satu bentuk serangan cyber security adalah ransomware, serangan tersebut dilakukan dengan cara mengenkripsi data penting dengan sebuah sandi rahasia yang hanya pelaku tersebut yang tahu dan biasanya pelaku mengingikan tebusan untuk mengembalikannya seperti semula. Serangan tersebut pernah menyerang bank sentral Malaysia dan Bangladesh.

Adanya beberapa ketakutan dan keraguan akan hal tersebut, sosialisasi yang berkaitan dengan ekonomi digital sangatlah penting untuk para pemuda agar mereka lebih peka dan tertarik dalam hal tersebut. Salah satu bentuk sosialisasi yang dapat dilakukan adalah dengan diadakannya seminar dan pembuatan konten edukasi tentang ekonomi digital dengan semenarik mungkin. Pembuatan konten edukasi tersebut, nantinya akan diisi oleh para expert pada bidang tersebut. Selain itu, berbagai platform transaksi dan investasi digital yang ada, jaminan keamanan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemilik platform sekaligus hak bagi para pengguna. Jaminan keamanan yang harus dipenuhi baik berupa keamanan data diri, aset berupa uang tunai atau semacamnya. Berbagai  platform yang cukup memiliki eksistensi di kalangan masyarakat, juga harus saling berlomba menyediakan tampilan yang “user friendly” agar lebih mudah untuk diapahami.

Baca Juga  Milenial, Transaksi dan Investasi Digital, dan Ekonomi Nasional

Tentunya, jika berbagai platform tersebut mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya, mereka dapat menggaet loyalitas mereka agar selalu memakai platform tersebut di segala aktivitas mereka khususnya keperluan transaksi dan investasi. Karena kebanyakan dari para anak muda belum memiliki loyalitas untuk selalu menggunakan platform tersebut, mereka menggunakan platform tersebut biasanya hanya saat ada promo atau hadiah yang menarik saja.

Para anak muda juga sejatinya harus sadar dan mulai menyiapkan kesiapan finansial sejak awal agar tidak kesulitan secara finansial di masa yang akan datang. Serta harus mulai sadar dan memikirkan akan perilaku yang konsumtif yang tidak baik untuk jangka panjang, apalagi jika para anak muda tersebut memiliki tanggungan yang banyak atau yang lebih dikenal dengan sandwich generation.

Dengan kemudahan dan kesederhanaan yang ditawarkan oleh transaksi digital. Maka dari itu, sangat rugi apabila para anak muda belum paham cara penggunaannya. Memang, sudah banyak para generasi milenial tersebut yang menggunakan dompet digital terhitung sebanyak 68% dari mereka menggunakan dompet digital untuk transaksi seperti: OVO, DANA, GO-PAY.

Baca Juga  Perkembangan Teknologi Memudahkan Milenial Bertransaksi

Sama halnya dengan investasi digital, banyak anak muda yang belum paham dan sadar tentang pentingnya investasi di masa muda. Padahal di zaman modern seperti sekarang investasi sangatlah mudah untuk dipelajari di banyak social media dan sudah banyak disediakan platform investasi yang user friendly bahkan di platform tersebut juga ada banyak pembelajaran tentang apa itu investasi. Tentunya, dengan kemudahan yang sudah ada sangat tidak masuk akal jika anak muda tidak mau belajar dan terjun di dunia investasi, padahal hal tersebut lah yang nantinya dapat menyelamatkan finansial mereka di masa tua mendatang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0