in ,

Tren Cashless dan Investasi Digital Untuk Milenial Zaman Now

Tren Cashless dan Investasi Digital Untuk Milenial Zaman Now
FOTO: IST

Abstract: Technological advancements continue to go hand in hand with the evolution of times. Nowadays the role of technology is very necessary to support the activities of society one of them in the economic field. Technological advances have given birth to digital-based economic products, both for trading and investing. That is certainly easily accepted in society especially millennials who are known to be instant lifestyles.

Abstrak: Kemajuan teknologi terus berjalan beriringan dengan perkembangan zaman. Pada zaman sekarang ini peranan teknologi sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas masyarakat salah satunya dalam bidang ekonomi. Kemajuan teknologi telah memunculkan produk-produk ekonomi berbasis digital, baik untuk bertransaksi maupun berinvestasi. Hal tersebut tentunya mudah diterima di tengah masyarakat terutama generasi milenial yang dikenal sebagai penganut gaya hidup instan.

Kata-kata kunci: Digital, Investasi, Milenial, Teknologi, Transaksi

Generasi Milenial atau Gen Y merupakan julukan untuk kelompok generasi yang lahir pada rentang tahun 1980-an hingga 2000-an. Sebagai generasi yang tumbuh di tengah digitalisasi, tak jarang dinilai memiliki perilaku mencolok, mereka cenderung melekable pada teknologi digital. Adanya kemajuan teknologi digital dapat diterima dengan baik oleh generasi milenial bahkan dalam aktivitas ekonomi sekalipun. Sebagai pelaku ekonomi, generasi milenial merasa dimanjakan dengan munculnya tren cashless yang memudahkan kegiatan transaksi. Sistem cashless sendiri merupakan sistem pembayaran non tunai, seperti e-wallet.

Dilihat dari namanya, e-wallet (dompet digital) merupakan alat pembayaran berbasis aplikasi secara online tanpa melibatkan uang fisik dan interaksi secara langsung. Untuk dapat melakukan transaksi menggunakan e-wallet diperlukan jaringan internet yang stabil. Kemudahan yang ditawarkan membuat generasi milenial memilih layanan e-wallet sebagai alternatif pembayaran. Kelebihan utama e-wallet yaitu mudah dan praktis hanya dengan sekali buka di aplikasi pada gawai sudah dapat melakukan transaksi tanpa harus mengantre yang membutuhkan waktu lama. Fitur keamanan pada e-wallet juga menjadi nilai tambah bagi generasi milenial sehingga merasa lebih tenang untuk menggunakan layanan tersebut. Kelebihan e-wallet lainnya yaitu dilengkapi dengan fitur riwayat transaksi yang memudahkan untuk mengecek pengeluaran dan pemasukan keuangan secara mendetail. Selain itu e-wallet juga menawarkan berbagai promo menarik untuk penggunanya.

Baca Juga  Kenali Ciri Investasi Bodong agar Tidak Terpikat Rayuannya

Sebagai kelanjutan dari sistem cashless atau transaksi digital, investasi digital juga berkembang pesat di kalangan milenial. Bahkan Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan bahwa di Indonesia investor pasar modal di dominasi oleh generasi milenial. Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, pertumbuhan terbesar ada dari investor di bawah usia 25 tahun, kemudian pertumbuhan tertinggi berikutnya adalah investor di antara 26 sampai 30 tahun, berikutnya investor dengan usia 31-40 tahun dan terakhir investor di atas 40 tahun. Investasi digital merupakan kegiatan menanam modal yang dilakukan secara daring atau online dengan harapan untuk memperoleh profit jangka panjang. Adapun jenis investasi digital yang cukup popular di kalangan milenial yaitu Reksadana, saham, tabungan emas online dan lain-lain.

Baca Juga  NIK menjadi NPWP? Masyarakat Wajib Membayar Pajak?

Dikutip dari Bareksa.com “Rekasadana dapat diartikan sebagai wadah berisi himpunan dana dari banyak pemodal yang dikelola ke dalam aset-aset investasi oleh manajer investasi”. Investasi digital seperti Reksadana cocok dan aman untuk anak muda yang baru merambah ke dunia investasi . Selain modal dan resiko yang minim, fleksibel dan keuntungan yang cukup besar, investasi digital ini juga diawasi langsung oleh regulator yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga makin diminati oleh kaum milenial karena terjamin keamanannya.

Kesimpulan, milenial sebagai agen of change harus bisa adaptable terhadap kemajuan teknologi digital. Adanya kemajuan teknologi telah memudahkan berbagai aktivitas. Salah satu contoh nyatanya dibidang perekonomian yang memunculkan tren cashless atau transaksi digital dan investasi digital.

Baca Juga  Menkeu: Stabilitas Sistem Keuangan dalam Kondisi Normal

Daftar Referensi:

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-banten/baca-artikel/13270/Generasi-Millennial-Sumber-Ide.html

https://www.idxchannel.com/market-news/melek-investasi-anak-muda-serbu-pasar-modal-tiga-tahun-terakhir

https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/06/18/cashless-adalah

Apa Itu Reksadana, Keuntungan, dan Risiko

https://www.popmama.com/amp/life/health/amelia-putri/kelebihan-dan-kekurangan-investasi-online

Mudah dan Aman, 5 Keuntungan Aplikasi E-wallet atau Dompet Digital!

Sumber gambar: http://jagad.id/pengertian-transaksi-bukti-dan-bisnis/

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

111 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0