in ,

Negara Ini Perbolehkan Bayar Pajak Pakai Kripto

Bayar Pajak Pakai Kripto
FOTO: IST

Negara Ini Perbolehkan Bayar Pajak Pakai Kripto

Pajak.com, Colorado – Pemerintah Colorado, negara bagian di barat Amerika Serikat (AS), resmi memperbolehkan masyarakatnya untuk membayar pajak menggunakan cryptocurrency atau mata uang kripto. Gubernur Colorado Jared Polis mengatakan, pemerintah telah bekerja sama dengan PayPal untuk mendukung pelaksanaan bayar pajak pakai kripto ini.

“Melalui PayPal, cryptocurrency yang digunakan untuk membayar pajak akan langsung dikonversikan ke dalam bentuk dollar AS. Namun, anggaran kami masih dalam bentuk dollar AS, belanja kami masih menggunakan dollar AS. Tentunya kami tidak akan menyimpan kas dalam bentuk aset kripto,” ujar Polis, dikutip Pajak.com (25/9).

Sebagai informasi, PayPal adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Kendati Pemerintah Colorado belum memerinci jenis cryptocurrency yang diterima untuk pembayaran pajak, namun PayPal dapat digunakan untuk transaksi empat jenis cryptocurrency, yaitu Bitcoin, Bitcoin Cash, Ether, dan Litecoin.

Baca Juga  Harga Kripto Squid Game Meroket, Investor Harap Hati-Hati

“Untuk kenyamanan Wajib Pajak, kami menerima pembayaran pajak dengan berbagai jenis cryptocurrency. Wajib Pajak dapat menggunakan cryptocurrency untuk membayar PPh (Pajak Penghasilan), baik orang pribadi maupun badan, pajak penjualan, withholding tax, hingga cukai BBM (bahan bakar minyak),” jelas Polis.

Ia menyebutkan, biaya yang dikenakan oleh PayPal terhadap Wajib Pajak yang membayar pajak menggunakan cryptocurrency adalah  senilai 1 dollar AS ditambah 1,83 persen dari nilai pembayaran pajaknya. Dengan demikian, biaya pembayaran pajak menggunakan cryptocurrency lebih murah dibandingkan dengan kartu kredit. Bila Wajib Pajak membayar pajak menggunakan kartu kredit, biaya yang dikenakan senilai 0,75 dollar AS ditambah 2,25 persen dari nilai pajak yang dibayar.

“Kami ingin menjadikan Colorado sebagai pusat aktivitas ekonomi aset kripto. Kami memiliki ketentuan yang akomodatif dan ekosistem yang mendukung inovasi cryptocurrency,” kata Polis.

Sejatinya, rencana pembayaran pajak menggunakan kripto ini sudah diusulkan Polis sejak tahun lalu. Gubernur Colorado ke-43 itu pertama kali menyampaikan gagasnnya di depan parlemen di masa pemulihan ekonomi akibat pandemi di 2021.

Baca Juga  Fringe Benefit Penyebab PPh Orang Kaya Tak Optimal

“Sejumlah kota di negara bagian juga kemngkinan bakal mengikuti langkah Miami dan New York membuat CityCoin mereka sendiri. Kami memiliki senator negara bagian yang hebat, senator Chris Hanson. Dia mengejar tagihan token digital yang secara efektif akan memungkinkan token digital yang dibuat negara untuk digunakan sebagai tujuan cadangan negara. Maka, direncanakan pada pertengahan 2022 penduduk Colorado bakal bisa membayar pajak dengan kripto,” ungkap Polis di tahun lalu.

National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ), bursa efek yang berpusat di New York ini, telah menetapkan Colorado sebagai salah satu negara yang cocok untuk berinvestasi kripto secara aman. Sebab sejak tahun 2019, negara yang tersohor dengan Pegunungan Rocky ini telah menandatangani pelbagai undang-undang yang mendukung kemajuan ekosistem kripto, salah satunya kebijakan untuk melindungi blockchain. Selain itu, NASDAQ memilih negara Colorado sebagai negara paling ramah investor kripto karena jumlah pengguna kripto yang tinggi.

Baca Juga  Pemkab Tangerang Awasi Kepatuhan WP via SIWASJA

Kemudian, laporan Crypto Head dalam Indeks Kesiapan Kripto 2021 juga menyebutkan,  beberapa negara bagian AS telah ditetapkan sebagai negara yang paling siap mengadopsi mata uang kripto. Indikatornya, karena negara-negara itu memiliki sekitar 17.436 anjungan tunai mandiri (ATM) kripto. Setiap satu ATM kripto dimanfaatkan oleh 19.023 orang.

CEO Indodax Oscar Darmawan menilai, kebijakan Pemerintah Colorado untuk menerima kripto sebagai pembayaran pajak akan memodernisasi aturan mengenai aset digital yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Kabijakan Pemerintah Colorado juga memberikan angin segar pada market kripto dunia.

“Dengan tren regulasi yang terjadi di beberapa negara di atas, membuktikan bahwa negara di dunia semakin banyak yang berlomba lomba untuk adopsi kripto.Bahkan saya prediksikan di tahun 2022 akan ada banyak negara yang menyusul Colorado atau El Salvador untuk mengadopsi Bitcoin dan kripto lainnya sebagai alat pembayaran dan cadangan devisa negara,” ungkap Oscar.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings