in ,

Indonesia Tekankan Transparansi Pajak di Forum G20

Indonesia Tekankan Transparansi Pajak di Forum G20
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Indonesia menekankan pentingnya kerja sama internasional di bidang transparansi perpajakan (tax transparency) dan Exchange of Information (EOI), untuk mengakselerasi mobilisasi pendapatan domestik dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Pernyataan itu disampaikan Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo saat memimpin forum G20 bertajuk Asia Initiative, secara hybrid di Jakarta, dikutip Pajak.com Jumat (18/2).

Menurut Suryo, selain dapat meningkatkan potensi penerimaan domestik dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19, kerja sama internasional di bidang transparansi perpajakan dan pertukaran informasi (Exchange of Information/EOI) juga sangat penting untuk menghadapi praktik penghindaran pajak alias tax evasion.

“Kerja sama yang inklusif antara otoritas pajak di bidang Exchange of Information diperlukan untuk melawan praktik penghindaran pajak dan pengelakan pajak,” ujarnya.

Baca Juga  Negara Berkembang Implementasikan Konsensus Pajak

Ia juga mengajak negara-negara di Asia untuk ikut bergabung dalam Asia Initiative pada pertemuan selanjutnya. Suryo memandang, semakin banyak negara-negara yang terlibat dalam kolaborasi tersebut maka akan menghasilkan manfaat di bidang transparansi perpajakan dan EOI—seperti potensi penerimaan pajak—yang lebih optimal.

“Kami turut mengajak negara-negara di Asia untuk ikut bergabung ke dalam Asia Initiative dan mendapatkan manfaat dari kerja sama di bidang transparansi perpajakan dan EOI,” ucapnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0