in ,

Implementasi “Core Tax” Ditargetkan Mulai Oktober 2023

Pembaruan sistem dalam core tax terbagi dalam empat paket pekerjaan, yaitu agen pengadaan (procurement agent), pengadaan sistem integrator inti administrasi perpajakan, pengadaan jasa konsultansi owner’s agent – project management and quality assurance, serta pengadaan jasa konsultansi owner’s agent-change management. 

PT Deloitte Consulting merupakan pemenang tender jasa konsultasi manajemen pengembangan, sementara LG CNS – Qualysoft Consortium merupakan pemenang tender untuk pengadaan system integrator. Keduanya penjamin kualitas pada project management dan quality assurance dengan masing-masing kontrak senilai Rp 1,2 triliun dan Rp 110 miliar. Sejak 2020, DJP juga telah membentuk Tim Pelaksana PSIAP untuk memastikan pembangunan sistem core tax dapat berjalan sesuai rencana. Pembentukan Tim Pelaksana PSIAP ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 483 Tahun 2020.

Baca Juga  5 Pajak Unik dan Tidak Lazim di Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap, pengembangan core tax dan dibentuknya Tim Pelaksana PSIAP, akan dapat meningkatkan rasio pajak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) secara signifikan. Tim diharapkan mengerahkan berbagai upaya dengan membuat rencana kerja dan indikator keberhasilan yang jelas.

“Agar kita mewujudkan tidak hanya Direktorat Jenderal Pajak yang andal, tapi ujungnya adalah penerimaan pajak yang rasionya terhadap GDP harus naik. Bahkan saya harus mengatakan minimal dua kali lipat. Jadi, kalau Anda berbicara tentang penerimaan pajak sekarang 1.700 (triliun rupiah), ya kira-kira dua kali lipat penerimaan pajak yang harusnya kita bisa collect. Indikatornya tidak abstrak,” jelas Sri Mulyani.

Ia meminta seluruh keluhan Wajib Pajak diinventarisasi dan diberikan solusi dalam menjawab keluhan dalam menunaikan kewajibannya. Wajib Pajak harus diberikan kemudahan dan keadilan dalam membayar pajak.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *