in ,

25 WP Raih Penghargaan dari KPP Pulogadung

25 WP Raih Penghargaan
FOTO: Kanwil DJP Jakarta Timur

25 WP Raih Penghargaan dari KPP Pulogadung

Pajak.com, Jakarta – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Pulogadung menyelenggarakan acara Tax Gathering 2023, di Aula Sabang, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada 25 Wajib Pajak (WP) yang raih penghargaan atas kontribusi pembayaran pajak terbesar pada tahun 2022, terdiri dari 5 Wajib Pajak bendahara, instansi pemerintah, 10 Wajib Pajak badan, dan 10 Wajib Pajak orang pribadi.

Kepala KPP Pratama Jakarta Pulogadung Yulianingsih menyampaikan terima kasih atas kepatuhan dan dukungan Wajib Pajak dalam pembangunan Indonesia. Berkat kepatuhan Wajib Pajak, KPP mampu mencapai target penerimaan pajak tahun 2022 dan berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZIWBK).

“KPP Pratama Jakarta Pulogadung juga mengucapkan terima kasih kepada dirjen bea dan cukai beserta jajarannya, sehingga kegiatan Tax Gathering ini dapat diselenggarakan di Kantor Pusat DJBC. Hal ini menunjukkan sinergi Kemenkeu Satu untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik kepada Wajib Pajak dan para stakeholder,” ungkap Yulianingsih melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.com(3/3).

Baca Juga  Airlangga: Pemerintah Lanjutkan Pembahasan Kenaikan PPN 12 Persen

Ia juga memohon dukungan semua pihak agar di tahun 2024 KPP Pratama Jakarta Pulogadung dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi, Bersih, dan Melayani (WBBM).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Timur Muhammad Ismiransyah M. Zain menyampaikan, pajak memiliki kontribusi besar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dalam APBN 2023, penerimaan pajak ditargetkan sebesar Rp 1.718 triliun, sementara target pendapatan negara ditetapkan senilai Rp 2.463 triliun. Di tahun 2022, penerimaan pajak berkontribusi sebesar Rp 1.717,8 triliun terhadap pendapatan negara yang mencapai Rp 2.479,9 triliun. Pendapatan negara ini telah membiayai alokasi belanja negara tahun 2022 senilai Rp 3.090,8 triliun, baik untuk kesehatan, pendidikan, infrastruktur, subsidi, bantuan sosial, dan sebagainya.

Baca Juga  6 Metode Penetapan Nilai Pabean

“Terima kasih atas kontribusi pajak yang dibayarkan oleh Wajib Pajak sekalian, sehingga penerimaan pajak di KPP Pratama Jakarta Pulogadung dan Kanwil DJP Jakarta Timur pada tahun 2022 melampaui target yang telah ditetapkan,” kata Ismiransyah.

Ia juga mengingatkan untuk segera melakukan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sebab pada tahun 2024 NPWP akan menggunakan NIK yang berjumlah 16 digit. Hal ini merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Beberapa Wajib Pajak penerima penghargaan pun memberikan sambutannya di acara Tax Gathering ini. Kepala Sub Bagian Perbendaharaan DJBC Supriyadi menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. DJBC berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi baik dan membuktikan bahwa instansi pemerintah mampu memberikan kontribusi yang besar dalam pembayaran pajak.

Sementara itu, Sekretaris Camat Pulogadung Sigit Darmanto memastikan, Kecamatan Pulogadung beserta seluruh jajaran kelurahan senantiasa mendukung dan siap bekerja sama dengan KPP Pratama Jakarta Pulogadung dalam upaya pengamanan penerimaan pajak.

Baca Juga  Aplikasi SIAP KABAN Permudah Layanan Perusahaan Penerima Fasilitas KITE

“Kecamatan Pulogadung berkomitmen untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak yang ada di wilayah ini,” ujar Sigit.

Acara juga diisi dengan penyampaian paparan oleh Ketua Umum Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Ruston Tambunan tentang peran konsultan pajak sebagai intermediaries. 

“Konsultan pajak bertindak selaku kuasa Wajib Pajak yang dipercaya sebagai mitra srategis DJP untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak,” jelas Ruston.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *