in ,

OJK Menilai Peserta Program Dana Pensiun Rendah

OJK Menilai Peserta Program Dana Pensiun Rendah
FOTO: IST

Jumlah masyarakat Indonesia yang mengikuti program dana pensiun masih sangat rendah yaitu hanya enam persen. Fakta tersebut dikatakan oleh Tirta Segara, anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen pada acara Bulan Inklusi Keuangan 2021. Tirta juga mengatakan bahwa keikutsertaan program dana pensiun sangatlah penting untuk menyiapkan hari tua agar tidak memberikan beban kepada ahli waris di kemudian hari.

Rendahnya tingkat keikutsertaan masyarakat dalam program dana pensiun dikarenakan tingkat literasi dan pemahaman masyarakat terkait keuangan masih sangat rendah. Yakni hanya 38,03 persen. Sedangkan tingkat inklusi keuangan Indonesia mencapai angka yang cukup tinggi yakni 76,19 persen. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan antara tingkat inklusi keuangan atau pemanfaatan produk dan layanan keuangan dengan tingkat literasi masyarakat mengenai keuangan.

Baca Juga  Mengenal Skimming dan Cara Menghindarinya

Namun, tingginya tingkat inklusi keuangan tersebut sebenarnya tidak merata di berbagai daerah. Tingkat inklusi keuangan di perkotaan mencapai 84 persen, sedangkan di pedesaan masih sekitar 69 persen. Kemudian, Tirta juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam program dana pensiun, cara yang dapat dilakukan adalah harus meningkatkan literasi terkait keuangan terlebih dahulu. Diharapkan masyarakat bisa memahami dan tertarik untuk menggunakan produk keuangan yang sesuai dengan aktivitas ekonominya.

Sehingga setiap tahun pada Bulan Oktober, OJK bersama Kementerian/Lembaga dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) selalu mengadakan Bulan Inklusi Keuangan sebagai agenda nasional yang dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran dan keterikatan guna mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

195 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0