in ,

OJK Luncurkan Tiga Infrastruktur Literasi Keuangan

Buku Saku Cerdas Mengelola Keuangan bagi Calon Pengantin terdiri dari sembilan materi, yaitu OJK dan waspada investasi ilegal, perbankan, pasar modal, perasuransian, pegadaian, perusahaan pembiayaan, dana pensiun, perencanaan keuangan, dan financial technology pendanaan bersama. Buku saku tersebut dapat diakses secara gratis melalui laman sikapiuangmu.ojk.go.id.

Kemudian tujuan lain dari peluncuran buku saku tersebut adalah agar para calon pengantin setelah menikah dapat mendidik anaknya agar tumbuh menjadi generasi yang cerdas keuangan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh hasil OECD Programme for International Student Assessment (PISA) Financial Literacy Tahun 2018, tercatat sebesar 94 persen pelajar peserta survei PISA mendapatkan informasi literasi keuangan dari orang tua atau orang dewasa terdekat mereka. Sehingga orang tua berperan sangat penting dalam memberikan edukasi literasi keuangan kepada anaknya sejak dini.

Baca Juga  Zakat Fitrah: Besaran dan Cara Bayar Lewat Aplikasi BCA

Maka dari itu OJK berharap dengan diluncurkannya buku tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya para generasi muda yang sedang mempersiapkan diri untuk menikah atau yang baru saja menikah.

 

* Penulis Adalah Mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas: Ekonomi dan Bisnis, Jurusan: Akuntansi, Angkatan 2020

* Informasi yang disampaikan dalam Artikel ini Sepenuhnya merupakan Tanggung Jawab Penulis

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *