in ,

Indonesia-Hongaria Jalin Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Indonesia-Hongaria Jalin Kerja Sama Jaminan Produk Halal
FOTO: IST

Indonesia dan Hongaria telah sepakat menjalin kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) melalui penandatanganan MoU oleh Muhammad Aqil Irham selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI dan Lilla Karsay selaku Duta Besar Hongaria untuk Indonesia dalam acara Indonesia-Euro Business Forum (IE-BF) 2022 pada 1 Maret 2022.

Hongaria merupakan negara ketiga yang berhasil merealisasikan kerja sama dengan Indonesia dalam bidang Jaminan Produk Halal (JPH). Karena sebelumnya, Indonesia telah bekerja sama dengan Chile dan Argentina.

Melalui kerja sama tersebut, Lilla Karsay berharap dapat meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Hongaria, serta dapat meningkatkan volume perdagangan antara kedua negara khususnya perdagangan produk halal. Selain itu, Kepala BPJPH pun berharap dengan adanya kerja sama tersebut Indonesia dan Hongaria dapat menjadi pemain penting dalam pasar global industri halal.

Baca Juga  Indonesia Komitmen Akhiri PLTU Batu Bara Hingga 2040

Kerja sama Jaminan Produk Halal antar negara merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam mengemban semboyan “Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia”. Jika dilihat dari sisi kemampuan, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk menjadi pusat industri halal dunia. Sebab berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2020–2021, ekonomi syariah Indonesia menduduki peringkat keempat dunia setelah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Sebelumnya pada tahun 2019, Indonesia berada di posisi kelima. Indikator ekonomi syariah tersebut terdiri dari beberapa sektor, diantaranya yaitu makanan dan minuman halal, farmasi dan kosmetik, modest fesyen, jasa keuangan, media dan rekreasi, serta perjalanan ramah muslim.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *