in ,

PLN Berkomitmen Pasok Listrik Ramah Lingkungan

PLN Berkomitmen Pasok Listrik Ramah Lingkungan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Untuk mendukung seluruh rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022, PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk memasok listrik ramah lingkungan. Tidak hanya untuk penyelenggaraan rangkaian acara pertemuan G20, upaya itu juga sebagai show-case pendukung pertemuan utama untuk menunjukkan kepada dunia bahwa listrik ramah lingkungan telah hadir di pulau-pulau kecil dalam menopang kehidupan masyarakat terpencil.

Rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022 yang diselenggarakan di 25 lokasi di seluruh Indonesia ini sangat membutuhkan dukungan penyediaan listrik dari PLN. Komitmen PLN untuk mendorong penggunaan energi baru terbarukan, tidak hanya dengan melakukan transisi energi pada pembangkit listrik besar, tetapi juga dengan membangun pembangkit listrik ramah lingkungan di lokasi-lokasi terpencil untuk menggantikan penggunaan genset berbahan bakar diesel yang dipakai oleh masyarakat.

Baca Juga  Perusahaan RI-Singapura Berikan Konsentrator Oksigen

Perubahan ini dapat dilihat dengan dimanfaatkannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pulau-pulau kecil di sekitar kawasan Labuan Bajo, seperti PLTS di Pulau Messah dan PLTS di Pulau Papagarang. Sebelumnya, masyarakat di Pulau Messah dan Pulau Papagarang, mengandalkan genset untuk penyediaan listrik. Untuk upaya itu, warga bahkan harus berpatungan membayar sewa Rp10 ribu per hari, yang disalurkan melalui jaringan kabel dari rumah ke rumah. Kini, seluruh rumah tangga telah menikmati layanan listrik dari PLTS yang dibangun di kedua Pulau tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko menjelaskan, sejak awal beroperasi di November 2019 hingga saat ini, PLTS Messah telah melayani 457 pelanggan. Sementara PLTS Papagarang 381 pelanggan, PLTS Seraya Maranu 134 pelanggan dan PLTS Batu Tiga 96 pelanggan. PLTS Papagarang mempunyai kapasitas 380 kWp, lalu Pulau Messah berkapasitas 530 kWp, Seraya Maranu berkapasitas 190 kWp, dan Batu Tiga Boleng berkapasitas 120 kWp.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0