in ,

Persiapan Diri dalam Mencari Kerja ala Vina Muliana

Persiapan Diri dalam Mencari Kerja ala Vina Muliana
FOTO: IST

Persiapan Diri dalam Mencari Kerja ala Vina Muliana. Setelah menempuh dunia perkuliahan, membangun karir yang cemerlang telah menjadi impian banyak mahasiswa. Namun, impian memiliki karir yang cemerlang membutuhkan proses dan usaha yang maksimal. Salah satu pemenang tahun ini adalah Vina Muliana, seorang kreator terkemuka di bidang pendidikan. Ia memenangkan kategori “Best of Learning and Education”. Vina sendiri mulai aktif menggarap konten melalui akun TikTok pribadinya @vmuliana pada awal tahun 2021. Vina berbagi tips dan trik karir. Sejauh ini, akun Tiktok milik Vina memiliki 4,1 juta pengikut. Pengguna TikTok merasa mudah untuk menerapkan petunjuk yang dibagikan oleh Vina. Sebagai orang yang sering dibicarakan di TikTok untuk berbagi tips dan pengalaman untuk mencapai puncak karir para millenial di usia dini, Vina punya tips untuk mempersiapkan bekerja.

  1. Buat Peta Jalan Kehidupan Yang Runtut Serta Sistematis
Baca Juga  Simak Aturan PPN dan PPh Jika Ingin Jadi Trader Kripto

Milenial didorong untuk membuat dan memvisualisasikan rencana impian karir, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Alasannya agar rencana yang dibuat tidak mudah dilupakan dan memberikan peta jalan kehidupan yang runtut dan sistematis. Milenial dapat menuliskan dan merencanakan apa kebutuhan karir mereka yang sebenarnya. Selanjutnya, pastikan passion yang sesuai sehingga  memudahkan dalam menjalankan rencana karir.

  1. Kumpulkan Pengalaman Magang Dan Sukarelawan

Milenial dapat menerapkan dan memprediksi beberapa rencana masa depan dan kemudian berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang sesuai dengan hasrat Anda, seperti menjadi sukarelawan dan magang. Memasukkan kegiatan ini dalam rencana karir Anda dapat mendukung keterampilan Anda di dunia kerja. Bergabung dengan organisasi juga merupakan cara yang bagus untuk menambah pengalaman dan koneksi. Pengalaman ini memberi generasi milenial sebelum dan sesudah lulus memiliki keunggulan kompetitif dalam hal mencari pekerjaan dan bersaing untuk mereka yang ingin memulai bisnis mereka sendiri.

  1. Bangun Personal Branding dan Jaringan Yang Luas
Baca Juga  Pengaruh Tarif Minimum Pajak Global Pada Tax Holiday

Menciptakan personal branding merupakan langkah awal yang baik dalam mengimplementasikan rencana karir yang dimiliki kaum milenial. Membangun jaringan dan menggabungkan banyak pengetahuan dari pengalaman para milenial. Semakin banyak pengetahuan dan jaringan yang dimiliki, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk karir masa depan. Selain itu, teknologi canggih memungkinkan Anda untuk berteman di media sosial, menghadiri forum komunitas, dan seminar online. Hingga kolaborasi dalam bidang ilmu maupun pekerjaan yang sejenis.

 

*Penulis Adalah Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas: Ekonomi, Jurusan D-IV Ilmu Administrasi Perkantoran, Angkatan 2021

*Informasi yang disampaikan dalam Artikel ini sepenuhnya merupakan Tanggung Jawab Penulis

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *