in ,

Tips Siapkan Dana Liburan Tanpa Kuras Tabungan

2. Gunakan deposito atau tabungan berjangka untuk menghindari pemakaian uang sesuka hati

Jika sulit menabung dan kebetulan memiliki dana yang sudah dianggarkan untuk berlibur, Anda bisa memasukkan uang itu ke dalam deposito. Dengan demikian, Anda tidak bisa menarik uang sesuka hati karena terdapat sejumlah denda yang harus dibayarkan jika Anda menarik dana sebelum jatuh tempo. Rekening deposito dan tabungan berjangka memiliki jangka waktu yang bisa kalian tentukan. Misalnya, 12 bulan lagi kalian akan berlibur, maka pilih deposito dengan tenor setahun. Dengan begitu, uang yang dikumpulkan jumlahnya akan maksimal.

Anda juga dapat mendisiplinkan diri untuk menabung dengan layanan Tabungan Berjangka yang memiliki fitur auto debit—Anda bisa atur jumlah nominal dan tanggal menabungnya. Mayoritas bank sudah menyediakan layanan ini.

Baca Juga  Pemerintah Terbitkan Dua Seri SUN Khusus WP PPS

 3. Reksa dana sebagai alternatif instrumen

Menabung reksa dana bisa jadi alternatif pilihan investasi untuk mengumpulkan anggaran liburan. Reksa dana terdiri dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Tidak berbeda dengan tabungan, investasi di reksa dana sangat terjangkau dan dapat ditarik kapan saja sesuai ketentuan yang berlaku di prospektus.

Dengan investasi awal hanya Rp 100 ribu saja, dana liburan dapat dikumpulkan dan diinvestasikan secara berkala dengan menggunakan fitur auto debit. Dengan imbal hasil mencapai 10 persen per tahun, tentu saja dana liburan bisa disiapkan dengan matang sekaligus menguntungkan. Mari kita coba simulasikan dengan jenis reksa dana pendapatan tetap:

Baca Juga  Realisasi Investasi Kuartal I Capai Rp 219,7 Triliun

– Contoh, Anda membeli reksa dana sebesar Rp 500 ribu pada bulan pertama, lalu Anda rutin menambah investasi sebesar Rp 500 bulan tiap bulan.

– Dalam kurun waktu 6 bulan saja, dengan perkiraan return 10 persen setahun, maka  Anda akan mendapatkan sekitar Rp 3.088,725.46.

Dengan menyiapkan bujet secara bijak dan terencana, maka keinginan berlibur dapat terwujud dengan tenang dan nyaman.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0