in ,

Cara Nabung untuk Biaya Pernikahan bagi Milenial

Cara Nabung untuk Biaya Pernikahan bagi Milenial
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Bagi milenial yang ingin melangkah ke jenjang pernikahan dalam beberapa tahun ke depan, ada baiknya mulai mempersiapkan tabungan dari sekarang. Mengingat biaya pernikahan tidaklah murah. Pajak.com mencoba memberi 4 cara agar bisa menabung untuk melangsungkan resepsi pernikahan, khususnya bagi kawula muda yang berpenghasilan UMR (upah minimum regional).

1. Buka rekening tabungan khusus 

Ada baiknya kalian memiliki tabungan khusus untuk menyiapkan pesta pernikahan. Langkah awal menabung ini menunjukkan tekad dan komitmen kalian berdua. Bila ingin tabungan lebih terjaga, kalian bisa memasukkan tabungan pernikahan ke instrumen deposito dengan jangka waktu tertentu. Misalkan, jika rencana pernikahan dilangsungkan dalam tiga tahun ke depan, deposito dapat dimasukkan selama dua tahun.

Baca Juga  Bank Mandiri Perluas Pembayaran BPJS ke Malaysia

2. Sisihkan 15 persen dari gaji

Setelah membuka tabungan, komitmen untuk menyisihkan 15 persen dari gaji kalian berdua. Dengan menentukan besaran setiap bulan, kalian jadi punya gambaran tentang kemampuan keuangan, yang akan disesuaikan dengan tema atau kebutuhan pesta pernikahan. Mari, kita simulasi:

– Misalkan, gaji UMR sebesar Rp 5 juta. Maka, 15 persen x Rp 5 juta = Rp 750 ribu.

– Dalam sebulan, tabungan pasangan = 2 orang x Rp 750 ribu = Rp 1,5 juta.

– Seumpama rencana kalian menikah di 3 tahun ke depan, maka 36 bulan x Rp 1,5 juta  = Rp 54 juta. Dengan jumlah tabungan ini kalian bisa membayar katering dan sewa gedung.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0