in ,

Strategi Bikin Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan

Strategi Bikin Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Membangun bisnis yang berawal dari hobi memang terdengar menyenangkan. Pengusaha mendapatkan kemewahan untuk dapat berkreasi dan berkarya sesuai dengan hobi yang diminati. Kendati demikian, menjalaninya tentu tidak luput dari berbagai tantangan. Untuk itu, Pajak.com merangkum strategi dari tiga pengusaha yang berhasil menjalankan hobi menjadi bisnis yang menguntungkan.

1. Tentukan skala prioritas dan membangun pola pikir bisnis

CEO and Co-Founder of Suwe Ora Jamu Nova Dewi mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi ketika membangun bisnis yang berasal dari hobi adalah memosisikan diri antara hobi dengan bisnis yang harus terus berjalan dan dikembangkan. Dalam menjawab tantangan itu, pengusaha harus mampu berpikir objektif serta adaptif dengan memasang mindset bahwa hobinya kini bukan hanya sekadar kesenangan semata, namun telah bertransformasi menjadi sebuah bisnis yang menyangkut kepentingan banyak pihak, sehingga memerlukan strategi usaha yang matang.

Baca Juga  Sea Group Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Vaksin

Nova mengatakan, meski Suwe Ora Jamu berdiri atas dasar kecintaannya terhadap jamu sebagai minuman tradisonal, namun ia tetap memikirkan strategi bisnis berkelanjutan dengan mengemas dan memasarkan produk dengan lebih modern. Hal penting bagi para pebisnis adalah memasang mindset yang lebih strategis dan holistik terhadap bisnis yang dijalankan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0