in ,

Strategi Bikin Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan

2. Tetap mengeksplorasi hobi untuk menghindari kejenuhan

Co-Founder of Goban Cosmetics Angel Chyntia mengatakan, tetap mengeksplorasi hobi untuk menghindari kejenuhan. Tanpa adanya manajemen bisnis dan profesionalitas, bisnis yang berawal dari hobi dapat menjadi bumerang dan beban. Hobi yang awalnya menyenangkan dan mendatangkan kebahagiaan, justru bisa mengundang kejenuhan.

Chyntia mengakui, ketika membangun bisnisnya, ia pun mencoba untuk menghindari hal itu. Dengan demikian, ia kerap menantang dirinya untuk menggali hal-hal baru yang belum pernah disentuh sebelumnya.

Belajar dari pengalaman Goban Cosmetics, perusahaan menekankan kolaborasi sebagai salah satu cara untuk mengeksplorasi hal baru serta menggali inspirasi dari berbagai tokoh yang mengemban visi serupa. Jangan takut mencoba ide gila yang belum pernah dilakukan.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

3. Menjaga orisinalitas dan berikan sentuhan strategi “marketing” yang personal 

Founder of OMG Consulting and Co-Founder of Inspigo Yoris Sebastian mengatakan, hal yang tidak kalah penting bagi pengusaha adalah menyelaraskan idealisme dan preferensi pribadi dengan peluang pasar yang ada. Mengubah karya menjadi sebuah peluang bisnis memiliki privilesenya sendiri. Hal ini akan menjadi daya tarik khusus bagi pasar.

Pegiat hobi tentu memiliki kedekatan personal dengan produk atau karya yang dihasilkan serta industri yang digeluti, sehingga bisnis yang didirikan bisa membawa sentuhan cerita yang unik, orisinil, dan personal. Sekali lagi, ini berpeluang menciptakan brand yang lebih melekat di hati konsumen.

Dengan demikian, kemewahan itu harus diimbangi dengan strategi marketing dan branding yang mengacu pada preferensi, perilaku konsumen, serta bagaimana hobi dapat menjawab kebutuhan pasar.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *