in ,

Tips Menyusun Rencana Keuangan di Awal Tahun 2022

Tips Menyusun Rencana Keuangan di Awal Tahun 2022
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Memasuki awal tahun 2022, ada baiknya kita mulai menyusun rencana keuangan, hal ini dilakukan agar kondisi finansial kita tetap sehat dan berbagai rencana hidup dapat tercapai, berikut tips menyusun rencana keuangan tahun 2022 yang Pajak.com rangkum dari beberapa penasihat keuangan.

1. Membuat Rencana Tertulis

Penasihat keuangan Smart Retirement Plan Patty Cathey mengatakan, buatlah garis besar kondisi keuangan secara tertulis. Jika mengabaikan hal ini, maka kita akan kesulitan untuk mengendalikan keuangan. Luangkan waktu sekitar satu jam untuk menginventarisasi semua akun keuangan. Buatlah satu dokumen dengan mencantumkan jenis akun atau simpanan di bank, cara mengakses akun, siapa yang dapat mengakses akun, dan informasi kontak. Jika sudah berkeluarga, lakukan hal itu bersama pasangan dan anak-anak.

Baca Juga  Realisasi Investasi Semester I-2021 49,2 Persen dari Target

2. Buat Tiga Rekening

Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie menyarankan untuk membuat tiga rekening bank.

Pertama, rekening bersama untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan, seperti untuk makan, gas, listrik, asisten rumah tangga, cicilan pinjaman, dan uang sekolah anak. Rekening ini diisi 50 persen dari penghasilan suami dan istri.

Kedua, rekening bersama untuk dana darurat. Rekening untuk pengeluaran darurat yang bersifat musibah, terkait kesehatan, dan sebagainya.

Ketiga, jika sudah berkeluarga, buatlah rekening tabungan bersama untuk keperluan masa depan. Dana tabungan dan investasi akan masuk ke rekening ini. Penggunaan dananya pun harus dengan persetujuan bersama.

3. Susun Detail Pengeluaran

Baca Juga  Laba Bersih Bank Mandiri Rp 12,5 Triliun Semester I-2021

Banyak masalah terkait keuangan yang disebabkan oleh ketidakmampuan kita dalam mengontrol kebiasaan berbelanja. Patty Cathey menyarankan untuk melacak laporan kartu kredit untuk melihat apakah ada pengeluaran atau tagihan yang tidak diperlukan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0