in ,

THR untuk Beli Saham, Perhatikan Tiga Hal Ini

THR untuk Beli Saham, Perhatikan Tiga Hal Ini
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Ada baiknya jika tunjangan hari raya (THR) tak hanya digunakan untuk aktivitas konsumsi, tetapi disisihkan pula untuk menabung atau berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih adalah saham. Namun, sebelum itu, Direktur NH Korindo Sekuritas Amir Suhendro Samirin menyarankan agar investor pemula memerhatikan tiga hal. Pertama, investor pemula harus mempelajari terlebih dahulu fundamental keuangan emiten saham yang akan dituju. Jangan sampai asal pilih, lantas THR lewat begitu saja.

“Untuk kepentingan jangka panjang, pastikan fundamentalnya baik. Untuk kepentingan jangka panjang, cari lah saham dengan nilai yang murah atau sangat murah,” kata Amir.

Supaya simpel tapi tetap terukur, Amir menyarankan para investor membeli saham yang masuk kelompok IDX30 atau LQ45. Sebagai informasi, IDX30 merupakan indeks utama (headline index) yang mengukur performa dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar.

Baca Juga  Grab Dukung Kementerian Investasi Sosialisasikan OSS

Sementara saham LQ45 merupakan indeks pasar saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan beranggotakan 45 perusahaan emiten dengan indikator utamanya adalah likuiditas. Saham-saham LQ45 juga diseleksi dengan kriteria tertentu oleh BEI.

“Nah, saham IDX30 atau saham LQ45 bisa yang sudah dipilih. Itu saham terkenal baik dan sudah teruji paling tidak 10 tahun untuk di pasar dengan kapitalisasi cukup besar,” tambah Amir suhendro samirin.