in ,

Tertarik Investasi Obligasi? Kenali Profit dan Risikonya

Keuntungan dan kerugian 

Kupon merupakan istilah atas perolehan bunga dalam investasi obligasi. Keuntungan bunga yang diperoleh bersifat periodik, bisa setiap bulan, per tiga bulan, atau enam bulan. Menariknya, tingkat bunga diperoleh di atas bunga Bank Indonesia (BI).

Kupon yield dari obligasi bersifat tetap dan berlaku hingga obligasi itu jatuh tempo. Artinya, misalkan sebuah obligasi jatuh tempo tiga tahun ke depan dan memiliki kupon yield 6,50 persen per tahun, maka investor akan mendapat penghasilan 0,54 persen rutin setiap bulannya.

Meskipun relatif aman dibandingkan saham, obligasi pun tetap memiliki risiko. Pertama, tingkat bunga pada investasi obligasi bergantung pada bunga pasar keuangan. Kedua, meski dinilai aman, investasi obligasi tetap memiliki risiko gagal bayar, terlebih jika peminjam tidak mampu membayar bunga dan pokok utang perusahaan yang mengeluarkan obligasi.

Baca Juga  Mau Investasi? Ini Tipnya Bagi Pemula

Mulai berinvestasi

Obligasi dapat dibeli menggunakan beragam aplikasi yang telah terdaftar OJK. Di sana, investor mendaftarkan diri—isi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Setelah itu, Anda dapat langsung membeli obligasi. Pada instrumen ORI misalnya, Anda bisa membeli mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 9 miliar.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0