in ,

Saat PPKM, Transaksi Kripto Stabil Dikisaran 25 Juta Dollar

Saat PPKM, Transaksi Kripto Stabil Dikisaran 25 Juta Dollar
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Di tengah melonjaknya kasus Covid-19 yang berimplikasi pada kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dan level 4, pasar kripto di Indonesia masih cenderung stabil. Tokocrypto—salah satu pedagang aset kripto yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI)—mencatat, transaksi kripto stabil dikisaran 25 juta dollar AS per hari.

“Jadi dari data kami bahwa cenderung stabil dari dua minggu PPKM, around 25 juta dollar AS per day. Jadi bisa dibilang, lebih besar pengaruh dari global sentiment bisa turun 30 sampai 40 persen,” kata Chief Operation Officer (COO) Tokocrypto Teguh Kurniawan Harmanda atau yang akrab disapa Manda, kepada Pajak.com, pada Minggu (25/7).

Baca Juga  BI Terbitkan Peraturan Baru Perkuat Sistem Pembayaran

Menurut Manda, perkembangan transaksi aset kripto di Indonesia cukup masif dan cenderung stabil, setidaknya sejak tahun 2017 hingga sekarang. “Somedays kita itu bisa sampai 65 juta dollar AS dan itu buat kami luar biasa sekali,” tambahnya.

Antusiasme aset kripto di Indonesia juga bisa dilihat dari jumlah pendaftar di platform Tokocrypto. Manda mengungkapkan, pada tiga bulan pertama tahun 2021, pihaknya sudah memiliki pengguna yang teregistrasi sebanyak 200 ribu. Dari jumlah itu, sebesar 30 ribu di antaranya merupakan trader aktif secara mingguan.

Manda mengungkapkan, perkembangan aset kripto di Indonesia itu tidak terlepas dari lima faktor pendukung. Pertama, populasi penduduk Indonesia merupakan terbesar ke empat di dunia dengan lebih dari 270 juta jiwa. Kedua, adanya badan dan regulasi khusus yang melindungi pedagang maupun pelanggan dari aset virtual kripto, yaitu BAPPEBTI—tidak semua negara memilikinya. Ketiga, maraknya perhatian dan ketertarikan milenial terhadap inovasi teknologi. Keempat, penetrasi smartphone di Indonesia yang luar biasa besar dan didukung oleh jaringan internet yang lebih baik. Kelima, besarnya peluang pada era ekonomi terbuka saat ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0