in ,

Ridwan Kamil Ajak Investor Domestik Tanam Modal di Jabar

Ridwan Kamil Ajak Investor Domestik Tanam Modal di Jabar
FOTO: IST

Pajak.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak investor domestik maupun luar negeri untuk menanamkan modal di Jabar. Ia menawarkan sejumlah kawasan potensial untuk diinvestasikan, mulai dari pengembangan smart city, infrastruktur, kemaritiman, pariwisata, hingga pertanian. Di tahun 2021, Jabar memiliki target investasi sebesar Rp 717 triliun.

“Dari target potensi Rp 717 triliun yang sudah konkret itu Rp 41 triliun, jadi sisanya akan kami negosiasi dalam dua hari ini. Mayoritas investasi yang ditawarkan berada di Jabar utara, di Kawasan Rebana. Di Jabar selatan terkait investasi di bidang kemaritiman, pariwisata, dan pertanian. Tapi kalau investasi terbesar ada di infrastruktur, lalu pariwisata, dan kawasan-kawasan industri,” jelas Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil ini saat membuka acara The 3RD West Java Investment Summit 2021 yang disiarkan secara virtual, pada (21/10).

Baca Juga  Strategi Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Kang Emil memastikan, Jabar telah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan. Perpres itu menerangkan bahwa Provinsi Jabar memperoleh komitmen dari pusat senilai Rp 400 triliun selama tiga tahun (sampai 2024) untuk pengembangan Kawasan Rebana dan kesetaraan pembangunan di Jabar Selatan.

Sebagai informasi, Kawasan Rebana merupakan wilayah utara Provinsi Jabar yang meliputi beberapa daerah, antara lain Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon. Rencananya, di area seluas 43 ribu hektar itu bakal dikembangkan berbagai industri, salah satunya adalah pengembangan aerocity. 

Selain itu, Kawasan Rebana juga akan dialiri 81 program investasi lainnya dengan total anggaran sebesar Rp 234,6 triliun. Sementara Jabar bagian selatan juga akan dikembangkan sebagai pusat agrikultur, pertanian, pariwisata, dan kemaritiman. Kang Emil optimistis, pembangunan kawasan ini dapat membuka 5 juta lapangan pekerjaan baru pada 2030.

Baca Juga  BI Perkirakan Permintaan Kredit Perbankan Terus Tumbuh

“Saya laporkan juga bahwa awal November 2021 saya diminta untuk menemani Pak Luhut Binsar Pandjaitan ke Abu Dhabi karena Kawasan Rebana dipromosikan ke Timur Tengah,” kata Kang Emil.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0