in ,

Realisasi Investasi Kuartal I Capai Rp 219,7 Triliun

Ia mengatakan, Singapura masih menjadi negara terbesar yang menanamkan modal di Indonesia, yakni 2,6 miliar dollar AS. Kedua, Tiongkok dengan nilai investasi sebesar 1 miliar dollar AS. Ketiga, disusul Korea Selatan sebesar 900 juta dollar AS. Keempat, Hong Kong dengan nilai investasi 800 juta dollar AS. Kelima, Swiss dengan nilai investasi 500 juta dollar AS.

”Korea Selatan biasanya berada di posisi nomor lima atau enam. Namun, Negeri Gingseng ini menggeser negara lain seperti Jepang seiring investasi pembangunan Pabrik Hyundai di Indonesia. Investasi Korea Selatan dalam pembangunan pabrik itu sebesar 1,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 20 triliun,” jelas Bahlil.

Baca Juga  4 Topik Keuangan Bagi Pasangan Jelang Nikah

Dilihat dari sebarannya, investasi di luar Jawa meningkat menjadi Rp 114,4 triliun atau 52,1 persen dari total investasi, yaitu Riau Rp 8,1 triliun, Sulawesi Tengah Rp 8,4 triliun, dan Sulawesi Tenggara Rp 8 triliun. Sementara realisasi investasi di Jawa turun 2,7 persen menjadi Rp 105,3 triliun atau 47,9 persen dari total investasi pada kuartal I/2021. Menariknya, angka itu naik 11,7 persen dibanding kuartal I 2020.

“Kalau investor dalam negeri cenderung cari aman di tempat yang infrastrukturnya sudah bagus,” kata Bahlil.

Investasi itu dilakukan di sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran (Rp 29,4 triliun); sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya (Rp 27,9 triliun); transportasi, gudang, dan telekomunikasi (Rp 25,6 triliun).

Baca Juga  Menilik Peluang GoTo Lakukan Dual Listing

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *