in ,

Perusahaan Asal Malaysia Dirikan Pabrik Pupuk di KEK Sei Mangkei

pabrik pupuk malaysia
FOTO: IST

Perusahaan Asal Malaysia Dirikan Pabrik Pupuk di KEK Sei Mangkei

Pajak.com, Sumatera Utara – Perusahaan asal Malaysia, All Cosmos Bio-Tech Holdings (ACBT) dan YPJ Plantations, mendirikan pabrik pupuk bernama PT All Cosmos Biotek di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Chief Executive Officer (CEO) ACBT Dato’ Tony Peng mengatakan, PT All Cosmos Biotek mengembangkan pupuk biokimia yang mutakhir.

“PT All Cosmos Biotek merupakan perusahaan yang bergelut di bidang pupuk ramah lingkungan. Misi perusahaan ini adalah untuk meningkatkan status ekologis Indonesia dan menjadi penggerak inovatif dalam industri pupuk berbasis bioteknologi. PT All Cosmos Biotek didirikan dalam pengembangan teknologi dari All Cosmos Bio-Tech Holdings yang sangat menyadari tantangan industri pertanian secara global. Pertumbuhan populasi yang semakin meningkat, lahan yang terbatas, dan kebutuhan mendesak akan praktik pertanian yang berkelanjutan, solusi inovatif sangat diperlukan,” jelas Tony Peng dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com (29/5).

Baca Juga  Smelter Freeport di KEK Gresik Diresmikan, Airlangga Ungkap Manfaatnya

Ia menyebutkan, RealStrong adalah merek pupuk biokimia PT All Cosmos Biotek. Pupuk ini dirancang dengan cermat melalui penelitian dan pengembangan yang canggih, sehingga akan memberikan nilai tambah untuk para petani di Indonesia.

“Pupuk ini lebih efisien dan ramah lingkungan. Dengan memanfaatkan kekuatan sains dan alam, RealStrong diyakini dapat meningkatkan hasil panen, menjaga kesuburan tanah, dan mempromosikan kesejahteraan petani dan konsumen,” kata Tony Peng.

Ia menambahkan, dimulainya pembangunan PT All Cosmos Biotek di KEK Sei Mangkei ini merupakan bukti kuatnya kerja sama antara Malaysia dan Indonesia untuk memajukan inovasi dan pertumbuhan ekonomi dalam merevolusi lanskap industri pertanian.

“Kerja sama ini juga untuk meningkatkan taraf hidup, memastikan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi generasi mendatang,” ujar Tony Peng.

Baca Juga  “Holding Company”: Apa Itu, Manfaat, Ciri Khas, Jenis, dan Contoh

Pada kesempatan yang sama, President Direktur PT All Cosmos Indonesia Roslan Arshad mengatakan, pemilihan KEK Sei Mangkei sebagai lokasi pendirian pabrik pupuk merupakan keputusan yang sangat tepat. Sebab perusahaan menilai pertumbuhan sawit terbesar di Indonesia berada di wilayah Sumatera Utara.

“Kemarin, kita lakukan tiga tempat survei, diantaranya Riau dan Dumai. Namun dari segi luas harga dan tanah kita cocok di sini. Sedangkan untuk proses penanaman lahan, kami akan melakukan pada Juni 2024 mendatang. Kami berharap pabrik ini nantinya lebih berkembang dan maju. Serta bisa menghasilkan pupuk yang bagus dan ramah lingkungan,” ungkap Roslan.

Sebagai informasi, KEK Sei Mangkei ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2012 dan merupakan KEK pertama di Indonesia. KEK yang mulai beroperasi pada tahun 2015 ini memiliki kegiatan utama berupa industri pengolahan kelapa sawit, pengolahan karet, pariwisata, dan logistik.

Baca Juga  Jokowi Resmikan Pabrik Kendaraan Listrik Pertama dan Terbesar se-Asia Tenggara di Karawang

Pemerintah Indonesia menetapkan KEK Sei Mangkei untuk menjadi pusat pengembangan industri kelapa sawit serta hilirisasi karet berskala besar dan berkualitas internasional. KEK Sei Mangkei diproyeksikan dapat menarik total investasi sebesar Rp 129 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 83.304 orang hingga tahun 2031.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *