in ,

Memanfaatkan THR untuk Tabungan Masa Depan

Sisihkan untuk dana darurat

Jika tidak dialokasikan untuk menabung, sisihkanlah sebagian THR Anda untuk dana darurat. Sesuai dengan namanya, dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat digunakan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti saat terkena PHK, munculnya pandemi, kebutuhan mendadak, dan lain sebagainya. Dana darurat merupakan salah satu bagian dalam perencanaan keuangan yang wajib dimiliki. Cara ini dapat mencegah Anda dari terjebak memiliki utang, menutupi biaya mendesak, bahkan dapat menjadi dana untuk masa depan.

Alokasikan untuk asuransi

Asuransi sangat penting untuk dimiliki karena berguna untuk keadaan-keadaan mendesak di luar ekspektasi dan tidak diinginkan. Misalnya jika terjadi kecelakaan, kematian, dan kejadian darurat lainnya. Kerugian-kerugian atas kejadian tersebut dapat diminimalisasi dengan asuransi yang sudah Anda miliki. Namun, pastikan memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan pilihlah perusahaan asuransi yang kredibel dan tepercaya.

Baca Juga  Zakat Fitrah: Besaran dan Cara Bayar Lewat Aplikasi BCA

Persiapan dana pensiun

Tabungan pensiun dapat menjadi jaminan di hari tua Anda saat usia Anda sudah tidak produktif lagi. Hal tersebut dilakukan agar di masa tua, Anda masih dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Meskipun umumnya sudah ada alokasi tersendiri, Anda juga bisa mengalokasikan sebagian THR untuk menambah saldo dana pensiun. Menggunakan uang THR untuk dialokasikan ke dana pensiun merupakan suatu hal yang bijak jika memungkinkan.

Untuk Investasi

Dana THR juga bisa Anda gunakan untuk menambah portofolio investasi. Dengan mengalokasikan THR Anda untuk berinvestasi, Anda dapat memiliki masa depan yang aman dan tenang. Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang memudahkan Anda untuk mulai berinvestasi. Dari mulai emas, saham, reksa dana sampai dengan kripto. Belakangan kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dan menjadi salah satu dari lima instrumen investasi terpopuler bersama dengan emas.

Baca Juga  Lebaran Aman: Modus dan Tip Perlindungan dari Penipuan APK

Berada dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, berinvestasi menggunakan THR merupakan langkah yang bijak untuk dilakukan. Walau kripto dikenal dengan tingkat volatilitas yang tinggi, saat ini kripto menjadi salah satu instrumen yang paling diminati untuk investasi jangka panjang. Namun sebelum berinvestasi pastikan bahwa aplikasi atau platform yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ditulis oleh

Baca Juga  Keunggulan Investasi “Green Sukuk”

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *