in ,

Ekosistem Logistik Batam Mampu Tingkatkan Daya Saing

Ekosistem Logistik Nasional Batam Mampu Tingkatkan Daya Saing
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah meresmikan ekostem logistik Batam (Batam Logistic Ecosystem/BLE), pada Kamis (18/3). BLE merupakan proyek percontohan dari agenda pembangunan ekosistem logistik nasional (National Logistic Ecosystem/NLE). Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, ada empat alasan pentingnya membangun ekosistem logistik di Pulau Batam:

Pertama, untuk mendongkrak daya saing ekonomi di Batam yang selama lima tahun berturut-turut pertumbuhannya di bawah ekonomi nasional. Padahal, potensi sumber daya yang dimiliki Batam sangat besar. “Jadi, ini salah satu bentuk Batam Logistic Ecosystem untuk meningkatkan kepastian berusaha dan daya tarik berinvestasi di Batam,” jelasnya, saat menghadiri peresmian BLE.

Kedua, BLE diharapkan mampu mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional. Mengingat pemerintah juga tengah memperbaiki kinerja ekspor dan impor di Batam. “Seperti kita semua lihat dalam satu  tahun terakhir akibat pandemi dengan kegiatan ekonomi yang menurun—ekspor impor. Justru pada situasi seperti inilah kita perlu membenahi diri. Sehingga kalau nanti lagi pulih, dia sudah bisa memberikan pelayan jauh lebih baik. Jadi, ini merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi, meningkatkan, serta mengakselerasi pemulihan tersebut,” jelas Sri Mulyani.

Baca Juga  BI: Penerbitan Rupiah Digital Akan Dipercepat

Ketiga, BLE sebagai bentuk konkret dari implementasi Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan beberapa waktu lalu. Khususnya, untuk memperbaiki lingkungan bisnis dan menciptakan lapangan kerja di Indonesia. “Inikan, bagian dari mengurangi regulasi dan inefisiensi. Sehingga lebih mudah untuk memberikan kepastian,” ucapnya.

Keempat, memperkuat koordinasi antara pemerintah dan stakeholders lainnya terkait upaya untuk memangkas regulasi berusaha yang berbelit-belit dan perbaikan iklim investasi dalam negeri. “Ini BLE dianggap akan menciptakan koordinasi platform bagi seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta dunia usaha. Sehingga mereka koordinasinya jauh lebih mudah, transparan, dan memberikan kepastian (berusaha),” jelas Sri Mulyani.

Hal senada juga diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, BLE yang merupakan bagian dari pembangunan ekosistem logistik nasional agar Indonesia mampu bersaing karena ada efisiensi biaya. Sebab nantinya proses bisnis dilakukan tidak lagi melalui jalur pemerintah, melainkan langsung kepada sasaran investasi yang dituju.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0