in ,

DJBC: NLE Tingkatkan Efisiensi Logistik

DJBC NLE Tingkatkan Efisiensi Logistik
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Meskipun baru berdiri pada Juni 2020, national logistics ecosystem (NLE) telah menghasilkan beberapa capaian. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mencatat, NLE mampu meningkatkan efisiensi logistik melalui transparansi transaksi layanan, waktu, dan nilai tambah.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai Syarif Hidayat menjelaskan, NLE merupakan upaya penataan ekosistem logistik yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 tahun 2020. NLE yang merupakan kolaborasi dari berbagai kementerian dan lembaga ini memiliki strategi pembangunan dan rencana kerja yang ditargetkan rampung pada tahun 2024.

“Dalam tahap penyelesaian rencana kerja tersebut, hingga semester I tahun 2021 NLE telah mengalami beberapa perkembangan capaian yang berdampak pada sistem logistik nasional,” kata Syarif melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.compada (9/2). Ia lantas mengelaborasi capaian dari NLE.

Baca Juga  Geopolitik Rusia - Ukraina Picu Kenaikan Harga Komoditas

Pertama, simplifikasi proses bisnis pemerintah melalui single submission (SSm) dengan harapan tidak ada lagi repetisi dan duplikasi proses dokumen; terwujudnya integrasi dan harmonisasi kebijakan layanan logistik; lintas komoditi dapat terawasi. Dengan demikian, simplifikasi ini akan menekan biaya administrasi, biaya timbun, dan handling.

“Sejak diberlakukan pada Juni 2020, SSm Pabean dan Karantina di empat pelabuhan (Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Belawan) hingga April 2021 dinilai mampu mendorong efisiensi biaya logistik timbun dan handling sebesar Rp 41,57 miliar dengan efisiensi waktu 17,59 persen dibandingkan pada Mei 2020 sebelum diberlakukan SSm,” jelas Syarif.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0