in ,

Cara Aman Investasi Emas Bagi Pemula

Pantau harga emas secara berkala

Berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Untuk mengantisipasi fluktuasi harga emas, ada baiknya membeli emas secara rutin setiap bulan sampai pada waktu investasi yang Anda tentukan (misalnya 5 tahun), baik harga naik maupun turun. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mendapatkan harga rata-rata dari semua dana yang akan diinvestasikan.

Beli emas di tempat yang tepercaya

Yang tidak kalah penting adalah Anda perlu mengetahui tempat pembelian emas mengingat banyak tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun, Ada baiknya Anda membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan tepercaya. Resmi yang dimaksud adalah tempat menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya.

Baca Juga  Wamenkeu: Hampir Semua Investor Eropa Tekankan Prinsip ESG dan Ekonomi Hijau 

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor Antam atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari Antam secara resmi. Kemudian Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih tepercaya. Jika ingin beli emas secara on-line lewat aplikasi, pastikan perusahaan pemilik aplikasi tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) agar transaksi Anda terjamin keamanannya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Syarat dan Cara Mengurus Perubahan HGB Jadi SHM

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *