in ,

Bank Dunia Hentikan Laporan Indeks EoDB

Bank Dunia Hentikan Laporan Indeks EoDB
FOTO: IST

Pajak.com, Washington – Bank Dunia (World Bank) mengumumkan akan menghentikan sementara laporan indeks kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB). Penghentian itu karena ada indikasi penyimpangan data indeks EoDB. Saat ini Bank Dunia sedang melakukan audit atas laporan dan metodologi yang digunakan untuk membuat laporan indeks EoDB.

Dalam laporan resminya pihak Bank Dunia menyampaikan, setelah menerima laporan dugaan penyimpangan data Doing Business 2018 dan 2020 oleh pihak internal pada Juni 2020, manajemen Bank Dunia menghentikan sementara laporan Doing Business berikutnya dan memulai serangkaian tinjauan dan audit atas laporan dan metodologinya. Selain itu, karena laporan internal mengangkat masalah etika, termasuk perilaku mantan pejabat dewan serta staf bank saat ini dan/atau mantan, manajemen melaporkan dugaan tersebut ke mekanisme akuntabilitas internal bank yang berlaku.

Baca Juga  OJK Rilis POJK Ekosistem Perbankan-Lembaga Keuangan

“Kepercayaan pada penelitian Kelompok Bank Dunia sangat penting. Penelitian Kelompok Bank Dunia menginformasikan tindakan para pembuat kebijakan, membantu negara-negara membuat keputusan yang lebih tepat, dan memungkinkan para pemangku kepentingan untuk mengukur peningkatan ekonomi dan sosial dengan lebih akurat. Penelitian tersebut juga telah menjadi alat yang berharga bagi sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, jurnalis, dan lainnya untuk memperluas pemahaman tentang isu-isu global,” tulis manajemen Bank Dunia melalui situs resminya dikutip Pajak.com, Minggu (19/9/21).

Bank Dunia berjanji ke depan akan memperbaiki dan menerapkan pendekatan baru untuk menilai iklim usaha dan investasi. Hal ini sesuai dengan komitmen Bank Dunia untuk memajukan peran sektor swasta dalam pembangunan dan memberikan dukungan pada pemerintah untuk merancang peraturan yang sesuai.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0