in ,

Bagaimana Prospek IHSG Pekan Ini?

Bagaimana Prospek IHSG Pekan Ini?
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,44 persen ke 6.094,87, pada Jumat (10/9). Namun, kinerja IHSG masih menurun 0,52 persen dibandingkan minggu sebelumnya atau periode 30 Agustus hingga 3 September. Lantas, bagaimana prospek IHSG pekan ini?

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menuturkan, prospek IHSG sepanjang pekan ini diwarnai oleh sentimen tapering The Federal Reserve System (The Fed) yang mulai mereda. Pada saat yang bersamaan, IHSG juga dipengaruhi oleh rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS), antara lain data ketenagakerjaan non-pertanian atau non-farm payroll AS yang jauh di bawah ekspektasi.

Departemen tenaga kerja AS melaporkan, hanya ada 235.000 pekerjaan pada Agustus, setelah lonjakan 1,05 juta pekerjaan pada Juli. Data itu memberikan keraguan ke pelaku pasar soal pelaksanaan kebijakan pengetatan moneter AS ke depan, baik tapering ataupun kenaikan suku bunga.

Baca Juga  PPKM Darurat, OJK Jaga Stabilitas Sektor Keuangan

“Pekan ini data inflasi AS kembali bakal mempengaruhi pergerakan indeks domestik. Pergerakan IHSG juga akan diramaikan oleh rilis data ekspor impor serta neraca perdagangan. Indeks (IHSG) akan cenderung menguat, namun terbatas,” kata Herditya, pada (12/9).

Secara spesifik, ia memperkirakan, IHSG pekan ini akan bergerak pada rentang 5.982-6.150.

Optimistis senada juga diungkapkan oleh Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan. Ia pun memperkirakan IHSG bakal menguat dengan rentang pergerakan 6.009 hingga 6.130. Prediksi itu dilatarbelakangi oleh pelaku pasar yang belakangan kembali bargain hunting, setelah pelemahan beberapa hari terakhir membuat indeks masuk area oversold.

“Rebound sejumlah harga komoditas juga akan memperkuat pergerakan indeks. Namun, penguatan ini diperkirakan hanya bersifat sementara karena pasar masih mengantisipasi kelanjutan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) pekan ini,” terang Dennies.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0