in ,

”Womenpreneurs” Perkuat Ekosistem Bisnis Kewirausahaan

”Womenpreneurs” Perkuat Ekosistem Bisnis Kewirausahaan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengungkapkan, gerakan Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN) dapat memperkuat ekosistem bisnis kewirausahaan yang dilakukan para perempuan. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan mampu meningkatkan partisipasi perempuan dalam struktur ekonomi nasional, sekaligus pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkelanjutan.

“Selain itu, perempuan mampu berperan sebagai agent of development dalam pemberdayaan masyarakat menjadi wirausaha yang tangguh,” ungkapnya secara daring pada acara peluncuran Womenpreneurs Indonesia Networks yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB), dikutip Selasa (01/02).

Ia pun mengajak kaum perempuan kalangan generasi muda milenial, khususnya mahasiswa, untuk menjadi wirausaha. Pasalnya, dengan banyaknya jumlah wirausaha di suatu negara, menunjukkan pula tingkat kemajuan negara tersebut.

Baca Juga  Perkuat Modal BTN, SMF Pinjamkan Dana Rp 1,5 Triliun

KemenkopUKM mencatat, ada lebih dari 50 persen bisnis usaha mikro dan kecil Indonesia dijalankan oleh perempuan. Dimana sebanyak 34 persen usaha menengah, 56 persen usaha kecil, dan 52 persen usaha mikro di Indonesia dimiliki perempuan.

Namun demikian, Teten menyampaikan bahwa masih terdapat berbagai tantangan yang kerap menghampiri kaum perempuan yang ingin menjadi pengusaha. Mulai dari, kurangnya akses finansial (36 persen), kurangnya kepercayaan diri (30 persen), kurangnya informasi untuk memulai bisnis (32 persen), dan tidak adanya lokasi untuk menjalankan bisnis (26 persen).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *