in ,

Waspada, Fitur Add Yours Instagram Celah Aksi Penipuan

Pengamat media sosial Enda Nasution menyebut, sejatinya setiap informasi yang dibagikan di media sosial memang memiliki risiko keamanan untuk dimanfaatkan oleh orang lain dalam kejahatan.

“Selalu ada spektrum antara keamanan dan informasi yang kita bagikan. Kalau mau aman sama sekali, ya tidak ikut posting apa pun, di ‘Add Yours’ atau posting lainnya. Namun, hal ini bukan berarti para pengguna tidak bisa menggunakan fitur-fitur di media sosial. Informasi mana yang kiranya aman untuk dibagikan dan informasi mana yang lebih baik kita simpan. Kalau mau lebih hati-hati, ya waspada dengan informasi yang kita bagikan, lokasi, nama jalan, nomor rumah, data pribadi yang kita ikut posting,” kata Enda.

Baca Juga  Program Akomodasi Nakes Reaktivasi Sektor Pariwisata

Psikolog klinis and Co-Founder Ohana Space Kantiana Taslim menambahkan, fitur ‘Add Yours’ semakin populer karena fenomena fear of missing out (FOMO), yaitu seseorang merasa takut ketinggalan dengan sesuatu yang dimiliki orang lain, takut dinilai tidak memahami apa yang sedang menjadi tren, takut dikucilkan, atau iri terhadap hal yang dialami orang lain.

“Itu namanya FOMO, bisa saja disertai rasa takut mereka nggak mengalami. Kok orang lain kelihatannya bisa having fun, bisa menjalani hidupnya dengan lebih happy? Kalau aku enggak mengalami, enggak bisa having fun, dong?” kata Kantiana.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *