in ,

Membangun Strategi Digital Marketing di Era Media Sosial

Membangun Strategi Digital Marketing di Era Media Sosial
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Seiring banyaknya pengguna internet di Indonesia, potensi digital marketing melalui pemanfaatan media sosial memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan penjualan produk bagi pelaku bisnis. Apalagi saat ini rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu berselancar di dunia maya selama hampir tujuh jam setiap harinya. Namun, para pelaku bisnis perlu membangun strategi yang pas agar digital marketing melalui media sosial bisa tepat sasaran dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Salah satu media sosial yang saat ini dimanfaatkan sebagai media pemasaran digital adalah TikTok. Untuk berbagi strategi marketing, jaringan sosial dan platform video musik pendek asal Cina itu menggelar acara virtual perdana bertajuk “TikTok: The Stage” mengundang sejumlah perwakilan brand dan agensi ternama, seperti Bayer dan L’Oréal untuk berdiskusi pada Sabtu (20/10/2021).

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Head of Digital, e-commerce and Media Bayer Consumer Health ASEAN Bim Gutierrez memandang, saat ini telah terjadi pergeseran paradigma ekonomi digital di era new normal. Pergeseran itu terlihat dari kebiasaan baru masyarakat, mulai dari bertransaksi di e-commerce, membayar tagihan secara online, hingga penggunaan media sosial secara masif.

Untuk menyikapi pergeseran itu, menurut Chief Digital Officer L’Oréal Luxe South Asia Pacific, Middle East and North Africa (SAPMENA) Nicole Chan ada tiga pilar perubahan utama yang dapat memengaruhi minat konsumen.

Pertama, ide realitas yang samar. Kedua, pergeseran kategori kecantikan, dari riasan ke perawatan kulit. Ketiga, nilai, ekspektasi, dan minat konsumen yang berubah.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

“Jika ingin berkembang, brand membutuhkan strategi pembuatan iklan dengan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu tujuan awal yang tepat, kapabilitas, sumber daya manusia (SDM), pengoperasian sistem, dan agility atau ketangkasan,” kata Nicole.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *