in ,

“Tips” Kembangkan Bisnis Jasa “Digital Marketing”

Bisnis Jasa Digital Marketing
FOTO: IST

“Tips” Kembangkan Bisnis Jasa “Digital Marketing”

Pajak.com, Jakarta – Pesatnya perkembangan teknologi membuat aktivitas pemasaran produk saat ini lebih banyak memanfaatkan teknologi digital atau digital marketing. Cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan cara konvensional. Kabar baiknya, saat ini belum semua perusahaan mau membentuk divisi tersendiri yang menangani digital marketing ini dan memilih menggunakan jasa pihak lain. Artinya, peluang usaha di bidang jasa penyedia digital marketing pun masih terbuka lebar. Berikut ini Pajak.com mencoba merangkum beberapa tips bagi Anda yang ingin membangun bisnis jasa digital marketing.

Untuk memulai bisnis digital marketing, yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah memahami seluk-beluk dunia digital marketing dan karakteristiknya. Digital marketing adalah segala bentuk upaya pemasaran yang dilakukan secara online melalui berbagai platform digital, baik berupa media sosial, mobile application, e-mail, search engine, website, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Mengenal KEM-PPKF dalam Menyusun RAPBN

Ada beberapa alasan mengapa jasa digital marketing menjadi hal krusial yang harus dilakukan, antara lain meningkatkan kredibilitas suatu merek atau perusahaan. Selain itu, perusahaan bisa lebih mudah mengetahui target pasar,serta mencegah kompetitor memonopoli pasar. Kemudian, digital marketing juga bisa menjaga loyalitas pelanggan, dan menjadi media untuk mengintegrasikan beragam platform pemasaran, dan tetap relevan dengan perkembangan dunia digital.

Pertama, untuk mengembangkan bisnis jasa digital marketing yang profesional, Anda harus memahami teknik dan pengetahuan yang bagus tentang digital marketing. Anda ­juga wajib memiliki pengetahuan yang cukup seputar bidang terkait.

Kedua, perbanyaklah portofolio Anda. Pasalnya,  pengguna  lebih memilih untuk menyewa jasa digital marketing yang sudah tepercaya dan profesional dalam menangani berbagai jenis perusahaan.

Baca Juga  DPR dan Pemerintah Sepakati Rincian Asumsi Dasar Makro 2025

Ketiga, penting bagi Anda untuk memperbanyak portofolio agar bisa meyakinkan pelanggan atau klien untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Keempat, luaskan jaringan relasi dalam mengembangkan sebuah bisnis. Sebab, mereka bisa menjadi calon pelanggan dari jasa digital marketing yang Anda tawarkan. Memperluas relasi juga bisa mendorong Anda untuk mengenal pakar-pakar digital marketing sehingga bisa belajar banyak dan meningkatkan pengalaman untuk terus mengembangkan bisnis hingga jangka panjang.

Kelima, promosikan bisnis Anda dengan tepat agar dikenal oleh banyak orang. Anda juga bisa memberikan penawaran yang menarik, tentunya dengan pelayanan yang baik. Tak lupa untuk meminta testimoni atau review supaya meningkatkan kepercayaan bisnis untuk calon pelanggan lainnya.

Baca Juga  Pemerintah Batalkan Kenaikan UKT di Seluruh PTN

Keenam, tingkatkan terus kemampuan atau kompetensi agar relevan dengan kondisi terbaru. Apalagi saat ini banyak kompetitor lain yang sedang mengembangkan bisnis jasa digital marketing juga. Itulah sebabnya Anda perlu terus update keahlian dengan mengikuti beragam kebijakan terbaru dari masing-masing platform digital. Dengan demikian, Anda bisa lebih memahami perkembangan platform digital yang saat ini memudahkan online marketing untuk perusahaan.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *