in ,

Wamenkeu Apresiasi GeoDipa Penyedia Listrik dengan EBT

Wamenkeu Apresiasi GeoDipa dalam Penyediaan Listrik Berbasis EBT
FOTO: IST

Pajak.com, Dieng – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengapresiasi PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GeoDipa dalam upaya menyediakan energi listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT). Seperti diketahui GeoDipa saat ini telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Small Scale Dieng berkapasitas 10 megawatt (MW).

“EBT itu adalah energi hari ini dan masa depan, bukan pilihan. Indonesia memang harus beralih ke EBT untuk listrik. Geothermal yang dikerjakan GeoDipa adalah bagian dari energi terbarukan tersebut,” kata Suahasil saat mengunjungi PLTP Small Scale Dieng, pada (13/11).

Menurutnya, energi panas bumi merupakan salah satu sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan serta memiliki operasional yang berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan konsensus global yang tengah mengembangkan energi bersih untuk bisa beralih dari penggunaan energi fosil.

Baca Juga  Indonesia Inisiasi Strategi Akuakultur Skala Kecil di ASEAN

Kementerian Keuangan meminta kepada badan usaha agar dapat bekerja sama dalam penyediaan energi bersih. Sebab dalam melakukan percepatan pengembangan pemanfaatan energi panas bumi, sangat diperlukan kolaborasi solid antara badan usaha, pemerintah daerah (pemda), maupun pemerintah pusat.

“Kita teruskan pekerjaan kolaborasi SMV (special mission vehicle), memberikan support, connecting dengan masyarakat. Saya titip betul supaya tidak menjadi proyek yang berdiri sendiri-sendiri,” tegas Suahasil.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama GeoDipa Riki Firmandha Ibrahim mengatakan, GeoDipa akan terus menjalin sinergi bersama seluruh pihak dalam mengupayakan pengembangan energi bersih.

“Semoga kita bisa terus berkolaborasi dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) untuk pengembangan Dieng, Chandradimuka, Patuha 3, Patuha 4 dan seterusnya hingga unit 7, serta penugasan pemerintah lainnya,” urainya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0