in ,

Tol Serang-Panimbang Narik Investasi KEK Tanjung Lesung

Tol Serang-Panimbang Menarik Investasi KEK Tanjung Lesung
FOTO: IST

Pajak.com, Banten – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis pembangunan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,6 kilometer bakal lebih menarik investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten. Hal itu ia ungkapkan setelah meresmikan Tol Serang–Panimbang seksi 1 ruas Serang–Rangkasbitung, pada (16/11).

“Otomatis pembangunan Tol Serang-Panimbang ada optimisme investasi untuk segera menyelesaikan KEK Tanjung Lesung. Kan antara ayam dan telur, kalau jalannya tidak ada karena orang investasi mikir-mikir, karena dari Jakarta ke Tanjung Lesung butuh cepat,” kata Jokowi.

Ia mengatakan, jika seluruh seksi pembangunan Tol Serang–Panimbang rampung dibangun, maka waktu tempuh dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya membutuhkan 1,5 jam hingga 2 jam—lebih cepat dibandingkan dengan saat ini, yakni mencapai 4 jam sampai 5 jam. Dengan begitu Tanjung Lesung akan menjadi destinasi wisata alternatif yang dekat dengan Jakarta, selain kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga  Luhut Optimalisasi Pemanfaatan E-Katalog Pemerintah

“Maksimal 2 jam, sehingga akan jadi alternatif tidak hanya ke puncak, tapi juga bisa ke Tanjung Lesung.  Apalagi kemudian akan dilanjutkan nanti dengan pembangunan seksi 2, yaitu Rangkasbitung–Cileles sepanjang 24 kilometer dan juga Cileles–Panimbang sepanjang 33 kilometer, yang insyaallah akan dituntaskan di akhir nanti 2023 akan selesai,” kata Jokowi.

Selain itu, rampungnya seksi 1 ruas Serang–Rangkasbitung diperkirakan akan mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Dengan demikian, keberadaan infrastruktur ini akan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di Banten.

“Kemudahan konektivitas merupakan, sekali lagi, faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Saya yakin ini akan menjadi pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten, khususnya terutama di sekitar jalan tol ini, yaitu Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” kata Jokowi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *