in ,

Singapura dan Indonesia Kerja Sama Pengembangan KEK

Singapura dan Indonesia Kerja
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong untuk membahas peningkatan kerja sama strategis kedua negara. Pertemuan itu membahas perkembangan situasi pandemi COVID-19, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal dan Pelabuhan Kendal, serta tantangan dalam menjawab kondisi geopolitik dunia saat ini.

Menko Airlangga menyampaikan, selain membahas situasi pandemi COVID-19 kedua negara yang sudah mulai terkendali, pertemuan itu juga membahas upaya percepatan pembangunan dan investasi di KEK Kendal di Jawa Tengah. Hal ini menjadi harapan kedua menteri mengingat terdapat peluang strategis dalam membuka lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan potensi ekspor.

“Dikarenakan kedekatan jarak antara KEK Kendal dengan KIT Batang, maka diharapkan pembangunan pelabuhan baru dapat memfasilitasi kedua wilayah tersebut daripada membangun dua pelabuhan baru di masing-masing wilayah,” jelas Menko Airlangga dalam keterangan tertulis Kamis (19/5/22).

Baca Juga  BKF: PMI Manufaktur dan Inflasi Membaik Agustus 2021

Sementara itu, Menteri Lawrence Wong mengharapkan pelabuhan baru tersebut dapat dilengkapi fasilitas dan teknologi modern. Seusai pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga, Menkeu Singapura akan melaksanakan kunjungan kerja ke Kendal.

Sebagai informasi, melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 tahun 2019 lalu, Kabupaten Kendal di Jawa Tengah resmi ditetapkan sebagai KEK. Kawasan ini diharapkan dapat mengakselerasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah secara umum. Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan angka serapan kerja di daerah tersebut, seiring dengan penurunan tingkat pengangguran masyarakat. Selain itu, aspek lain juga digenjot untuk dapat turut menjadi lebih baik, misalnya pada sektor pendidikan dan kesehatan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *