in ,

Tiga Strategi Pertamina di Tahun 2022

Ketiga, di tahun ini Pertamina juga harus mulai mengembangkan EBT secara masif. HIngga saat ini Pertamina telah merealisasikan pembangkit energi panas bumi atau geotermal. Secara khusus, anak perusahaan, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) tengah melakukan kerja sama kajian pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi dengan PT Medco Power Indonesia (MPI) di area operasi kedua belah pihak.

PGE diketahui mengelola 14 wilayah kerja panas bumi. Di dalam wilayah kerja itu diproduksi listrik panas bumi sebesar 1.877 megawatt (MW), yang terdiri dari 672 MW yang dioperasikan oleh PGE dan 1.205 MW dikelola melalui kontrak operasi bersama. Kapasitas terpasang panas bumi di wilayah kerja PGE berkontribusi sebesar sekitar 88 persen dari total kapasitas panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi sekitar 9,5 juta ton CO2 per tahun. Sementara itu, MPI mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas lebih dari 3,1 gigawatt (GW) di 15 lokasi di Indonesia.

Baca Juga  Jelajah Hemat Jakarta: Libur Lebaran nan Ramah di Kantong

“Energi panas bumi maupun sumber energi baru terbarukan lainnya harus dikembangkan dan menjadi prioritas pada tahun 2022,” kata Nicke.

Secara simultan, Pertamina juga akan segera melakukan restrukturisasi enam subholding perusahaan yaitu, PT Subholding Hulu Energy, PT Subholding Refinery and Chemicals, PT Subdolding Integrated Marine Logistic, PT Subholding Commercial and Trading, Subholding Power and New Renewable Energy, dan PT Subholding Shipping.

Menurut Nicke, melalui restrukturisasi, Pertamina dapat memastikan masing-masing subholding melakukan efisiensi dan meningkatkan pelayanannya.

“Subholding harus berusaha menciptakan profit, tidak ada lagi saling subsidi. Subholding harus mempercantik diri karena telah memiliki neraca keuangan dan cashflow sendiri, sehingga harus bisa mencari profit sendiri,” ujarnya.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *