in ,

Tiga Instruksi Jokowi Antisipasi Krisis Pangan Global

“Jangan sampai nanti petani sudah berproduksi banyak, Bulog (Badan Logistik)-nya ndak ngambil, RNI (PT Rajawali Nusantara Indonesia) enggak ambil. Misalnya, kalau sudah ditentukan, mekanisme itu harus segera diputuskan. Saya kira sudah kita sampaikan ke Menteri BUMN (Erick Thohir) untuk segera (ditentukan) siapa, untuk produknya apa, pembiayaannya seperti apa,” jelas Jokowi.

Ketiga, ia menekankan pentingnya pendistribusian komoditas pangan yang telah diproduksi, sehingga stok tidak menumpuk atau kualitasnya menurun. Secara khusus Jokowi menegaskan pentingnya menjaga harga komoditas pangan dan energi di masyarakat bawah tetap stabil dan terjangkau, termasuk minyak goreng dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Artinya semuanya harus ada grand plan-nya, rencana besarnya seperti apa, kan, sudah kita sampaikan, dalam pelaksanaannya juga harus ada. Tidak lupa semua harus terus menyampaikan perkembangan situasi global saat ini kepada masyarakat, termasuk krisis yang memicu kenaikan harga komoditas pangan dan energi. Sehingga rakyat tahu bahwa posisi kita ini, kalau dibandingkan negara lain, masih pada kondisi yang sangat baik. Walaupun beban fiskal kita berat, pemerintah sudah berkomitmen untuk terus memberikan subsidi kepada masyarakat bawah, baik yang berkaitan dengan BBM, pertalite, dan solar, yang berkaitan dengan gas dan listrik. Ini yang terus harus kita jaga,” kata Jokowi.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Ia menegaskan, ketiga instruksi itu bisa dilakukan dengan optimal dengan kolaborasi semua pemangku kepentingan. Semua antisipasi ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan ketahanan pangan di tanah air.

“Inilah yang memerlukan sebuah orkestrasi yang baik antara kementerian/lembaga, BUMN, swasta, dengan daerah. Dan, ini tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri, peningkatan produksi pangan juga meningkatkan potensi ekspor komoditas pangan Indonesia. Kita ini menjadi salah satu dari lima champion untuk global respons untuk pangan, energi, dan keuangan. Jadi kalau kita bisa ekspor itu membantu negara lain,” kata Jokowi.

Ditulis oleh

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *