in ,

Realisasi Anggaran KKP Tahun 2021 Capai 98,88 Persen

Realisasi Anggaran KKP Tahun 2021 Capai 98,88 Persen
FOTO : IST

Pajak.Com, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa realisasi penyerapan anggaran KKP tahun Anggaran 2021 mencapai 98,88 persen atau Rp 4,72 triliun atau dari total pagu Rp 4,77 triliun. Menurutnya, kinerja sektor KP menunjukkan angka yang positif mulai dari peningkatan produk domestik bruto (PDB) hingga peningkatan nilai tukar nelayan dan pembudidaya.

“Di Tahun 2021, KKP telah merealisasikan kegiatan prioritas KKP mulai dari kegiatan perikanan tangkap, perikanan budidaya, penguatan daya saing, pengawasan SDKP, pengelolaan ruang laut, riset dan SDM KP serta karantina ikan dan pengendalian mutu,” ungkapnya dalam rapat kerja antara KKP dengan Komisi IV DPR di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/01).

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi “Payroll” untuk Bisnis

Ia menambahkan, nilai PDB perikanan sampai dengan triwulan III tahun 2021 telah tumbuh sebesar 4,55 persen, dimana nilai ini lebih tinggi jika dibandingkan PDB perikanan di triwulan III tahun 2020. Selain itu, pencapaian pertumbuhan PDB perikanan tersebut belum memperhitungkan pertumbuhan lapangan usaha sektor kelautan dan perikanan yang menjadi tanggung jawab KKP berdasarkan UU Cipta Kerja dan regulasi turunannya. Baik dari komoditas pengolahan hasil perikanan, komoditas pergaraman, biofarmakologi dan bioteknologi dari hasil laut, dan jasa-jasa kelautan.

“Berdasarkan angka tersebut maka perekonomian sektor KP sepanjang triwulan I hingga triwulan III 2021 masih mengindikasikan terjadinya perbaikan performa dibandingkan tahun 2020,” tambahnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *