in ,

Program P3DN Jamin Stabilitas Perekonomian Nasional

Selain itu, Airlangga mengatakan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai salah satu pilar perekonomian nasional juga telah menunjukkan komitmen yang besar dalam mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri seperti yang ditunjukkan oleh PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

Pertamina berhasil mencatatkan pencapaian TKDN sebesar 55,6 persen di tahun 2020 dan menargetkan capaian TKDN sebesar 59,45 persen di 2021. Sedangkan PLN berhasil mencapai nilai TKDN sebesar 40,1 persen di tahun 2020, dan menargetkan capaian TKDN sebesar 45 persen di 2021 serta selanjutnya 60 persen di tahun 2025.

Selain PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero), komitmen untuk mendukung program P3DN juga ditunjukkan oleh 32 (tiga puluh dua) BUMN lainnya yang dapat mencatatkan realisasi TKDN rata-rata diatas 50 persen dengan total nilai Rp 115,2 triliun di tahun 2020.

Baca Juga  LBP: Wujudkan Kemandirian Nasional, Kurangi Impor APD

Saat ini, pemerintah pun kerap melakukan rapat koordinasi untuk mengevaluasi hasil kerja setiap Pokja, membahas penyusunan agenda kerja/roadmap timnas P3DN, dan me-review penggantian/perubahan nomenklatur anggota Pokja Timnas P3DN (lembaga/jabatan atau pribadi).

“Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan setiap kementerian/lembaga memberikan gambaran Rencana Aksi P3DN untuk mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan komitmen pelaksanaan P3DN pada instansi masing-masing,” pungkasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

195 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0