in ,

Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

Appreciated Social ESG Report
FOTO: IST

Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

Pajak.com, Jakarta – PT Pos Indonesia (Persero) meraih penghargaan atas komitmen dan kontribusinya dalam mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), di Hotel Indonesia Kempinski. Kategori penghargaan yang diraih oleh PT Pos Indonesia adalah Appreciated Social ESG Report. Kategori ini diberikan kepada perusahaan yang menyajikan laporan ESG dengan penekanan khusus pada aspek sosial.

“Laporan ini diapresiasi karena memberikan gambaran yang jelas tentang kontribusi perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan, pemberdayaan komunitas, dan upaya sosial lainnya yang positif. Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan. Kami terus berkomitmen untuk melakukan prinsip ESG dalam berbisnis maupun melakukan investasi,” ungkap Senior Vice President Government & Corporate Business PT Pos Indonesia Hendra Sari dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com, (4/3).  

Ia memastikan, implementasi ESG ini sejalan dengan transformasi yang tengah dikembangkan PT Pos Indonesia. Perseroan mendukung negara dalam mencapai net zero emissions (NZE).

“Jajaran direksi sudah sepakat bahwa tahun ini akan melakukan pengalihan kendaraan secara bertahap. Dari kendaraan berbahan fosil menjadi listrik, sehingga nanti berdampak secara langsung pada komitmen kami untuk mengurangi emisi,” ujar Hendra.

Kemudian, upaya lainnya yang dilakukan perusahaan adalah melakukan transformasi bisnis di bidang teknologi. PT Pos Indonesia telah menerapkan paperless atau pengurangan penggunaan kertas dan beralih menggunakan teknologi digital.

Baca Juga  Lima Tantangan Penyusunan “ESG Report”

“PT Pos Indonesia telah melakukan transformasi bisnis berbasis digitalisasi sejak beberapa tahun lalu mengingat transformasi digital dilakukan sebagai sebuah keniscayaan merespons perkembangan zaman revolusi industri 4.0. Ini bentuk komitmen PT Pos Indonesia dalam menjaga kelangsungan lingkungan hidup dalam berbisnis. Penerapan teknologi digital tersebut, bahkan sudah dilakukan PT Pos Indonesia dalam beberapa tahun terakhir,” ungkap Hendra.

PT Pos Indonesia telah meluncurkan super-app Pospay dan aplikasi Pos Giro Cash (PGC) untuk melakukan penyaluran bantuan sosial (bansos).

“Melalui aplikasi ini bagaimana pola penyaluran bansos membuat masyarakat tidak perlu mendatangi lokasi bayar, tetapi kami yang datang untuk memberikan bantuan,” ungkap Hendra.

Ia menegaskan bahwa komitmen menerapkan prinsip ESG penting dilakukan untuk bisa menggaet investasi yang lebih besar. PT Pos Indonesia pun berpeluang besar untuk masuk ke jajaran bisnis ramah lingkungan.

“Ini merupakan peluang juga bagi PT Pos Indonesia untuk masuk ke bisnis ini dalam menjalankan bisnis, lebih efisien, lebih berbasis lingkungan. Tantangannya adalah tidak semua bisa support karena ada kepentingan-kepentingan yang terjaga di bisnis mereka,” pungkas Hendra.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *