in ,

XL Axiata Raih Sertifikat “Carbon Disclosure Project”

Carbon Disclosure Project
FOTO: IST

XL Axiata Raih Sertifikat “Carbon Disclosure Project”

Pajak.com, Jakarta – PT XL Axiata Tbk memperteguh komitmen untuk meningkatkan penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasi bisnisnya. Implementasi penerapan prinsip ESG dilakukan dengan berupaya meraih sertifikasi Carbon Disclosure Project (CDP) bernilai B. Sertifikasi ini sebagai pengakuan atas komitmen perusahaan terhadap praktik transparansi lingkungan dan berbagai upaya keberlanjutan.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Reza Mirza menuturkan, sertifikasi CDP diraih perseroan setelah menunggu proses penilaian selama kurang lebih lima bulan. Sertifikasi terkait penerapan prinsip ESG ini diterbitkan oleh organisasi nirlaba dengan nama yang sama, yaitu CDP.

“Dalam upaya meraih sertifikasi itu, perseroan telah melakukan sejumlah langkah nyata. Hal yang paling terpenting, kami melakukan inventarisasi emisi karbon pada cakupan satu, dua, dan tiga yang nantinya menjadi referensi bagi target pengurangan jejak karbon. Dalam ranah ESG, CDP dikenal dalam reputasinya sebagai salah satu sumber data terkemuka di dunia terkait tindakan perusahaan dalam mengelola dampak lingkungan dan perubahan iklim,” jelas Reza dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com(28/2).

Ia kembali menegaskan bahwa raihan sertifikasi CDP merupakan bukti dedikasi dan komitmen XL Axiata atas beberapa upaya penerapan prinsip ESG, meliputi pengurangan jejak karbon, penerapan praktik-praktik berkelanjutan, serta penerapan strategi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan di seluruh aspek operasional perusahaan.

“Sertifikasi CDP tidak hanya menunjukkan kemajuan perusahaan dalam memitigasi risiko perubahan iklim, tetapi juga memposisikan perseroan sebagai pemimpin dalam industri dengan memberikan contoh positif untuk diikuti oleh pihak lain,” ungkap Reza.

Baca Juga  KSP dan ACEXI Akselerasi Perdagangan Karbon Indonesia

Pencapain XL Axiata tersebut juga sekaligus menegaskan komitmen perusahaan terhadap transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan kinerja lingkungan yang berkelanjutan.

“Keberhasilan XL Axiata meraih sertifikasi CDP ini menjadi momentum yang sangat baik untuk mendorong kemajuan lebih lanjut dalam perjalanan serta keberlanjutan perusahaan dalam penerapan prinsip ESG,” imbuh Reza.

Ke depan XL Axiata akan terus menjajaki beragam peluang baru untuk menetapkan target terukur dalam menerapkan prinsip ESG. Perusahaan juga merambah sinergi dengan berbagai pihak dalam memberikan dampak yang berarti bagi planet dan masyarakat di tanah air.

“Saat ini XL Axiata juga masih berupaya keras untuk meraih sejumlah sertifikasi lainnya,” tambah Reza.

Sejak beberapa tahun lalu, XL Axiata telah menerapkan prinsip ESG dalam setiap lini bisnis untuk mewujudkan bisnis berkelanjutan. Salah satunya tecermin pada penerapan aspek lingkungan pada infrastruktur jaringan, terutama Base Transceiver Station (BTS) yang sekaligus mampu menghemat energi. Sejak akhir 2022 lalu, XL Axiata juga mulai menerapkan penggunaan baterai lithium sebagai pengganti genset.

Baca Juga  Carbon Digital Conference, Dorong Indonesia Jadi “Hub” Karbon Dunia

XL Axiata juga telah melakukan modernisasi dengan menerapkan, antara lain Green BTS yang meliputi intelligent ventilation cooling system (IVS), penggunaan kipas angin dan air conditioning (AC). Adapun penerapan Green BTS ini diproyeksi mampu mengurangi konsumsi energi secara signifikan hingga mencapai 50 persen.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *