in ,

PLN Akan Hentikan Operasional PLTU Batu Bara

Ia menjelaskan, produksi energi nasional per hari ini mencapai 300 tera watt hours (TWh). Lalu, pada beberapa tahun mendatang diperkirakan ada tambahan 120 TWh dari proyek PLTU 35 GW. Proyeksi produksi energi pada 2060 diprediksi mencapai 1.800 TWh, sehingga ada kebutuhan tambahan produksi sekitar 1.380 TWh. Pemerintah berupaya menambah rambahan produksi listrik itu dengan pembangkit listrik berbasis EBT.

PLTS berbasis baterai

Darmawan juga mengatakan, PLN akan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbasis baterai. Biaya pembangkit listrik dari PLTS berbasis baterai lithium ion atau feronikel kini sudah cukup rendah, yakni 4 sen dollar per kilo watt hour (kWh) dan biaya dari baterai sekitar 13 sen dollar per kWh, sehingga biaya listrik dari PLTS berbasis baterai saat ini sekitar 17-18 sen dollar per kWh.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Ia menyebut, kini ada inovasi PLTS baru dengan biaya lebih murah, yakni dengan teknologi baterai berbasis redox dari vanadium atau cerium. Biaya pembangkitan listrik bisa 2,5-3 sen dollar per kWh, lalu ditambah biaya baterai berbasis aliran redox 3,5 sen dollar per kWh, sehingga total biaya hanya 6-7 sen dollar per kWh.

“Sehingga, 2025-2026 diharapkan ada pembangkit listrik berbasis EBT base load masuk. Tapi PLN perlu dukungan. Enggak bisa dilakukan PLN sendiri,” kata Darmawan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengatakan, Indonesia berencana berhenti mengoperasikan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batu bara. Pemerintah berkomitmen mengembangkan EBT secara bertahap.

Baca Juga  Indonesia Prima Luncurkan Primabiz, Dorong UKM Menuju Kesuksesan Global

“Indonesia memiliki potensi besar di energi baru terbarukan. Sekarang ini fosil energi jadi musuh bersama (dunia). Bertahap, pemerintah juga mau pensiunkan power plant batu bara,” kata Luhut dalam webinar bertajuk Indonesia Investment Forum 2021, (27/5).

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *