in ,

PGN Optimis Kinerja Keuangan dan Operasional Meningkat

PGN Optimis Kinerja Keuangan dan Operasional Meningkat
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN, subholding gas PT Pertamina (Persero) optimistis kinerja keuangan dan operasional terus meningkat hingga akhir 2021 maupun tahun 2022. Keyakinan itu karena PGN berhasil mencatatkan pendapatan sebesar 2.254,3 juta dollar AS di kuartal III-2021 dengan laba operasi sebesar 326 juta dollar AS. PGN juga masuk kategori Baa2 dari Moody’s dan BBB- dari Fitch, artinya PGN masih memiliki tingkat kesehatan keuangan yang sangat baik dan diproyeksikan bisa memenuhi semua kewajibannya, termasuk pelunasan utang.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan, kinerja keuangan dan operasional PGN menunjukkan tren positif, volume niaga gas selama periode Januari–September 2021 sebesar 873 BBTUD (billion bristh thermal unit per day), naik jika dibandingkan volume niaga gas kuartal III-2020 sebesar 812 BBTUD.

Baca Juga  Kemen ESDM: Infrastruktur Pengisian Listrik Capai 240 Unit

“Untuk volume transmisi pada periode yang sama tahun 2021 sebesar 1.238 MMSCFD (million standard cubic feet per day). Posisi PGN semakin memperkuat kinerja konsolidasi dan peningkatan pemanfaatan gas di sektor kilang, transportasi marine, dan tentunya kemudahan akses terhadap pasokan dari hulu,” kata Rachmat dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.compada (19/12).

Ia menyebutkan, posisi keuangan konsolidasian PGN per 30 September 2021 juga masih baik, total aset tercatat sebesar 7,54 miliar dollar AS, liabilitas 4,25 miliar dollar AS, ekuitas 3,29 miliar dollar AS, serta rasio lancar (perbandingan aset lancar dengan liabilitas jangka pendek) sebesar 2,24 kali.

“Hal ini menunjukkan kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendeknya masih sangat baik. Rasio debt service PGN sebesar 2.69 kali, menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi pembayaran bunga dan pokok pinjaman masih mencukupi,” jelas Rachmat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *