in ,

Pengembangan Industri Game Lokal Melalui Program IDGX

Di samping potensi itu, Semuel menyebut, kekayaan dan keberagaman penduduk juga menjadi salah satu potensi menarik. Keragaman ini dinilainya bisa menjadi inspirasi untuk penciptaan game lokal.

“Ada 801 bahasa daerah dan begitu banyak cerita kerajaan, cerita rakyat, dan nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan inspirasi dalam membuat game. Beberapa game buatan lokal yang bercerita tentang Borobudur. Ada pula game Dreadout yang mengambil cerita hantu khas Indonesia. Ada game yang baru diliris Battle of Satria Dewa, mengangkat cerita tokoh heroik Indonesia,” sebut Semuel.

Semuel optimistis bila seluruh potensi itu dapat dikembangkan, maka Indonesia punya kekuatan ekonomi digital baru. Ia mengutip riset Newzoo (perusahaan penyedia data analitik industri game dan e-sports) pada tahun 2020, nilai ekonomi game Indonesia mencapai 1,7 miliar dollar AS. Namun, saat ini game lokal baru bisa mengoptimalkan nilai ekonomi sebesar 8 juta dollar AS.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

“Angka ini harusnya bisa kita tingkatkan, dengan menghasilkan gim baru yang bisa menembus pasar nasional dan global. Saat ini, kita harus mengambil alih market share yang dikuasai oleh game dari luar,” kata Semuel.

Ia memastikan, pihaknya telah berupaya menciptakan ekosistem teknologi dan inovasi pendukung. Sementara untuk melindungi masyarakat dan menata konten game impor, Indonesia memiliki Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 11 Tahun 2016. Aturan ini mengatur klasifikasi permainan interaktif elektronik.

“Saat ini regulasi sedang diproses revisi agar mewajibkan semua game yang beroperasi di Indonesia mendaftar dan mengikuti aturan ini. Tak terkecuali game dari luar, agar dapat menjaga Indonesia sesuai aturan dan budaya,” kata Semuel.

Baca Juga  Panduan Mudah Tukar Uang Baru dengan Aplikasi PINTAR

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *