in ,

Kemendag dan BNI Fasilitasi Pembiayaan Ekspor UKM

Kemendag dan BNI Fasilitasi Pembiayaan Ekspor UKM
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) makin intensif memfasilitasi ekspor produk usaha kecil, dan menengah (UKM). Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menjelaskan, salah satu langkah yang dilakukan adalah menggandeng PT Bank Negara Indonesia (BNI) untuk memberikan dukungan pembiayaan ekspor melalui pemberian kredit kepada pelaku UKM.

“Dengan adanya pendampingan dari pemerintah dan perbankan, diharapkan pelaku UKM Indonesia dapat meningkatkan volume dan kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan pasar dunia,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11).

Marolop menambahkan, pihaknya akan terus berkomitmen memberikan dukungan bagi pelaku UKM dalam bentuk pelatihan, promosi dan publikasi, pengembangan produk, penyediaan informasi tren pasar, serta pengembangan jejaring dengan perwakilan perdagangan di luar negeri.

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

“Sedangkan BNI sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia berkomitmen untuk memberikan fasilitas pembiayaan kredit kepada pelaku UKM untuk peningkatan ekspor,” tambahnya.

Ia juga berharap bahwa kerja sama ini dapat mendorong peran para pelaku UKM Indonesia untuk semakin meningkatkan ekspor nasional.

“Pemerintah berkomitmen besar untuk bersama-sama dengan mitra strategis mengimplementasikan butir-butir cakupan kerja sama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga mampu meningkatkan ekspor nasional yang berdaya saing,” katanya.

Marolop mengatakan, potensi pasar yang besar bagi produk UKM Indonesia perlu didukung dengan adanya bantuan pembiayaan untuk dapat meningkatkan produksi dan berujung pada pemasaran yang tepat yang berlangsung secara kontinyu.

“Untuk itu, Kemendag menggandeng BNI sebagai sebuah lembaga perbankan yang kegiatan usahanya antara lain menghimpun dana dari masyarakat berupa simpanan dalam bentuk tabungan, giro, deposito, dan menyalurkan dana kepada masyarakat berupa pemberian fasilitas kredit dan jasa-jasa lainnya. Kerja sama ini diharapkan dapat mencapai tujuan tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *