in ,

Pemerintah Pastikan BoR Nasional Masih 23 Persen

“Kami berharap masyarakat dapat benar-benar waspada dan mengetahui kondisi ini dengan baik. Sehingga rumah sakit sebaiknya digunakan oleh pasien yang benar-benar membutuhkan, yaitu mereka yang memiliki gejala sedang hingga kritis,” imbuhnya.

Sementara buat masyarakat yang terpapar tetapi tidak bergejala atau cukup melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah atau isolasi terpadu (isoter), dengan memanfaatkan layanan telemedisin atau melapor ke Puskesmas terdekat. Adapun gejala ringan yang dimaksud adalah batuk, pilek, atau demam, dan saturasi oksigen masih di atas 95 persen.

“Bagi masyarakat yang terpapar namun gejalanya ringan, sebaiknya isoman di rumah atau isoter saja. Apalagi jika tidak ada komorbid berat atau bukan lansia. Jika masyarakat yang terpapar menjalankan imbauan ini, sesuai dengan aturan Kemenkes, angka keterisian rumah sakit kita bisa berkurang hingga 60-70 persen,” ucapnya.

Baca Juga  Implementasikan Prinsip ESG, AIA Luncurkan ePolicy

Ia juga terus mengingatkan dan mengajak masyarakat yang belum divaksin segera mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, terutama bagi anak-anak dan lanjut usia (lansia).

Berdasarkan penelitian dari data sampel rumah sakit rujukan COVID-19 RSPI Sulianti Saroso, pasien COVID-19 yang dirawat di ICU menunjukkan bahwa vaksinasi sangat penting untuk mengurangi risiko fatal infeksi COVID-19.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *