in ,

Pemerintah Optimis Ekonomi Tumbuh Positif Q4-2021

Tidak hanya itu saja, ekspor impor juga terus naik signifikan, nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terjaga, yield obligasi pemerintah yang melandai, serta rasio utang luar negeri (ULN) Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih berada dalam level aman.

“Selain optimisme dari berbagai capaian indikator ekonomi dan pengendalian COVID-19, kita perlu memanfaatkan Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia dalam percaturan global terkait ekonomi, politik, dan isu-isu strategis lainnya serta sekaligus untuk menarik investasi ke Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto juga sempat mengatakan bahwa pihaknya optimistis laju pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir 2021 dapat memenuhi target. Hal tersebut terlihat melalui pertumbuhan positif perekonomian pada Q3-2021, sebesar 3,51 persen secara year on year (YoY).

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

Meski demikian, Airlangga berharap masyarakat tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, pengendalian COVID-19 sangat berpengaruh pada keberlanjutan pertumbuhan ekonomi.

Ia menjelaskan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) per Oktober 2021 sudah masuk dalam fase optimis atau berada pada angka 113,4, lebih tinggi dibandingkan 95,5 pada September 2021. Penjualan eceran terlihat cukup baik dengan naik ke 5,2. Selain itu, PMI manufaktur juga sudah berada di 57,2.

“Jadi, sebetulnya optimismenya ada. Jika pandemi bisa dikendalikan dan kita jaga sampai dengan Q4, maka pada Q4 tahun 2021 belanja pemerintah diperkirakan akan bisa meningkat,” jelasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *